Rabu, April 17, 2024
BerandaBulelengJelang Galungan, Distan Akan Adakan Pemeriksaan Terhadap Babi

Jelang Galungan, Distan Akan Adakan Pemeriksaan Terhadap Babi

BULELENG, balipuspanews.com – Hari Raya Galungan bagi umat Hindu tinggal hitungan hari. Biasanya umat Hindu akan memotong babi yang nantinya dijadikan persembahan dan konsumsi pada saat hari raya Galungan. Menyikapi hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan mulai menjadwalkan pemeriksaan hewan khususnya babi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Buleleng, Made Suparma mengatakan untuk pemeriksaan pihaknya telah membentuk tim yang melibatkan dokter hewan di Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) yang berada di masing-masing kecamatan.

“Kami jadwalkan pemeriksaan terhadap babi dengan tim yang dibentuk sebanyak 15 orang. Nanti mereka akan disebar untuk melakukan pengecekan kesehatan terhadap babi sebelum dan sesudah dipotong,” ungkap dia saat dikonfirmasi Rabu (21/2/2024).

Pihaknya menambahkan, pemeriksaan yang dilangsungkan untuk memastikan daging babi yang telah dipotong bebas penyakit sehingga aman dikonsumsi. Pemeriksaan ini akan laksanakan dengan cara pengambilan sampling di masing-masing kecamatan. Bahkan kegiatan juga akan dilakukan di rumah potong hewan (RPH) yang tersebar di kecamatan.

BACA :  Wujudkan Jembrana Jadi Kota Barometer Otomotif di Bali, Pemkab Jembrana Akan Bangun Sirkuit Road Race

Pemeriksaan dilakukan mulai tahap ante mortem atau sebelum pemotongan, seperti pemeriksaan kesehatan babi dan kebersihan kandang babi. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan post mortem atau pasca pemotongan pada bagian jeroan dan daging babi. Daging babi yang sudah dipotong akan diperiksa kembali apakah memenuhi syarat untuk daging konsumsi dan terbebas dari berbagai macam penyakit hewan.

“Nantinya dokter hewan akan mengecek untuk memastikan ternak-ternak sehat. Takutnya ada kandungan cacing pita atau penyakit lainnya. Mudah-mudahan tidak ada babi yang terserang penyakit dan aman dikonsumsi,” terangnya.

Disamping itu, pihaknya memprediksi saat mendekati Hari Raya Galungan harga per kilogram daging babi di tingkat peternak kemungkinan akan naik. Adapun saat ini harga babi mencapai Rp 37.000 – 38.000 per kilogram di tingkat peternak. Namun demikian stok babi mencukupi kebutuhan untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan. Dari pendataan yang dilakukan pihaknya, jumlah kebutuhan diperkirakan mencapai 1.040 ekor sedangkan populasi babi di Buleleng saat ini mencapai sekitar 4.107 ekor.

BACA :  Warga Tukadmungga Keluhkan Dua Akses Jalan Menuju Pantai Tak Kunjung Diperbaiki

“Harga sempat naik dan turun lagi dari sebelumnya Rp 40.000 per kilogram. Kemungkinan karena banyak permintaan jadi bisa saja akan naik lagi,” pungkas dia.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular