Jelang Galungan, Harga Cabai Dipasar Tradisional Mulai Alami Kenaikan

20
Harga cabai meningkat jelang hari raya galungan dan kuningan. Foto Gede Suartawan- BPN

Karangasem, balipuspanews.com – Sudah menjadi tradisi menjelang hari raya keagamaan harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Seperti harga cabai. Mendekati galungan dan kuningan, harga cabai dipasar tradisional terus mengalami meningkat menjelang hari kemenangan umat Hindu itu. Seperti terlihat dipasar Pesangkan, Selat, Karangasem. Dalam beberapa hari ini, harga cabai mengalami peningkatan setiap saat.

Seperti dituturkan Mangku, 60, salah satu pedagang yang ditemui Balipuspanews.com Rabu ( 19/12/2018). Harga yang normalnya Rp 20 ribu perkilo beranjak naik menjadi Rp 25 ribu perkilo.Bahkan, harga terakhir menyentuh Rp 28 ribu perkilo.

” Ya, naik cepat harganya, memang setiap menjelang hari raya galungan pasti naik harganya,” kata Mangku.

Mangku sendiri biasanya membeli cabai di daerah Klungkung. Dengan kondisi seperti  ini, dirinya mengaku tidak banyak-  banyak mencari untung.  Yang penting baginya  tetap bisa jalan. Hal ini juga dikarenakan Mangku bisa menekan biaya transportasi, dimana dulu harus menyewa kendaraan untuk membeli barang dagangannya ke Klungkung, namun kini dirinya diantar oleh anaknya menggunakan sepeda motor. ( igs)

Loading...