Harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik menjelang Galungan dan Kuningan. Foto Gede Suartawan bpn
Harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik menjelang Galungan dan Kuningan. Foto Gede Suartawan bpn

KARANGASEM, balipuspanews.com – Hari raya Galungan tinggal sebulan lagi. Namun, harga sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik di Bumi Lahar Karangasem.

Harga beras lokal yang awalnya Rp 11 ribu perkilo sejak dua minggu belakangan naik menjadi Rp 12 ribu perkilo.

Kenaikan paling mencolok adalah terlihat pada bumbu dapur seperti cabai, bawang merah dan bawang putih. Harganya setiap hari mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Harga cabai misalnya. Awalnya harga cabai kisaran Rp 30 ribu perkilo. Kini, harganya tembus Rp 60 ribu perkilo.

” Ya hampir semuanya naik, mulai sekitar dua minggu lalu,” kata Made Sudi salah seorang pedagang di Pasar Amlapura Timur ketika diwawancarai balipuspanews.com, Senin (13/01/2020).

Wanita asal Banjar Susuan, Karangasem ini menyebutkan, kenaikan harga cukup signifikan terjadi pada jenis bumbu masakan seperti cabai dan bawang. Dalam dua minggu terakhir, harga cabai terus merangkak naik.

Kenaikan sejumlah bahan pokok ini diprediksi akan terus terjadi mendekati menjelang Galungan dan Kuningan yang dilanjutkan dengan hari raya Nyepi.

“Memang biasanya menjelang hari raya ini harga kebutuhan pokok akan terus merangkak naik disamping karena faktor cuaca,” ujarnya. (igs/tim/bpn)