suasana Pasar Timur Amlapura
suasana Pasar Timur Amlapura
sewa motor matic murah dibali

Karangasem, Balipuspanews.com – Entah karena mendekatai hari raya Galungan yang jatuh pada tanggal 24 Juli 2019 mendatang atau karena memang terpengaruh cuaca, harga cabai dipasar tradisional terus alami lonjakan yang cukup signifikan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sejumlah pedagang yang berjualan diPasar Timur Amlapura pada Kamis pagi,11 Juli 2019, hampir seluruhnya mengatakan harga cabai belakangan ini cukup melonjak.

Untuk cabai biasa harga perkilonya mencapai Rp.65 ribu sampai Rp. 70 ribu perkilonya. Lonjakan harga cabai ini mulai terjadi sekitar seminggu lalu dimana mulanya harga cabai dikisaran Rp.35 ribu sampai Rp. 40 ribu perkilonya kemudian mulai merangkak naik dari harga Rp. 50 ribu perkilonya hingga saat ini menjadi Rp. 65 ribu hingga Rp. 70 ribu perkilonya.

“Ya ada sekitar seminggu lalu harga cabai mulai alami kenaikan,” begitu kata Made Sukerti salah seorang pedagang bumbu masakan asal Karangasem yang sudah berjualan dipasar timur Amlapura sejak pertama kali beroprasi kepada media ini.

Menurut Sukerti, dengan kondisi harga yang tak menentu tersebut dirinya tidak terlalu berani untuk membeli cabai dengan jumlah yang banyak untuk dijual, terkadang dirinya membeli hanya hitungan kilo saja itupun dari pedagang lainnya bukan langsung dari pengepulnya.

Disatu sisi harga cabai terus melesat naik, harga bumbu masakan lainnya seperti bawang putih dan bawang merah sampai saat ini belum mengalami peningkatan harga, harga perkilonya saat ini masih relative stabil dan belum ada peningkatan berarti.

“Bawah Putih masih tetap Rp.30 ribuan perkilonya dan Bawang Merah kisaran Rp. 25 ribu tergantung kualitasnya,” tandasnya. (stw/bpn/tim)