Pasar Bebandem, Karangasem
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Karangasem, balipuspanews.com – Omset pedagang perlengkapan upakara seperti sampian penjor melonjak drastis menjelang hari raya Galungan kemenangan dharma melawan adharma yang jatuh pada hari Rabu, 30 Mei 2018.

Seperti pemandangan di Pasar Bebandem, Karangasem, sejak pagi sejumlah pedagang sampian diserbu pembeli. Menueut salah seorang pedagang, Ni Kadek Eva asal Bebandem, 10 tahun berdagang sudah rutin menjelang hari raya seperti purnama dan piodalan lainnya memang ramai pembeli. Namun yang paling ramai yaitu menjelang hari raya Galungan.

“Ya ramai menjelang hari raya galungan, kebanyakan beli perlengkapan penjor,” ujarnya.

Dalam sehari, omset penjualan Kadek bisa mencapai Rp. 5 juta meningkat dari penjualan hari biasa yang hanya di bawah Rp. 1 juta untuk perharinya. Sementara untuk proses pembuatan perlengkapan tang ia jual, dibuat sendiri dengan bahan ental atau daun lontar.

Untuk satu paket perlengkapan Penjor. Dibanrol seharga Rp.50 ribu perpaketnya. Dalam satu bungkus paketan tersebut sudah lengkap untuk membuat 1 buah penjor yang terdiri dari bakang – bakang, sampian penjor, janur termasuk kain ongkaranya dan padi yang sudah disusun sedemikian rupa.

Menurut salah satu pembeli, I Wayan Arta asal Bebandem mengatakan, dirinya memilih untuk membeli perlengkapan yang sudah jadi karena praktis tinggal pasang saja. Namun kendati demikian, dirinya tetap untuk beberapa perlengkapan dibuat sendiri terutama untuk upakara yang akan dihaturkan pada saat hari raya Galungan.

“Ya harganya terjangkau, praktis tinggal pasang saja,” ujarnya.(Suar/bpn/tim)

Tinggalkan Komentar...