Pembersihan dan persiapan di areal Klenteng Ling Gwang Kiong, yang berlokasi di areal Eks Pelabuhan Buleleng.

SINGARAJA, balipuspanews.com — Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2571 yang jatuh pada 25 Januari besok mulai dipersiapkan oleh pengurus Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Ling Gwan Kiong Singaraja. Tempat ibadah yang berlokasi di eks Pelabuhan Kota Singaraja ini mulai dihias untuk menyambut ribuan umat Tionghoa yang datang dari berbagai kabupaten di Bali untuk bersembahyang.

 

Pantauan pada Kamis (23/1), sejumlah pengurus Klenteng nampak sibuk menghias Klenteng tertua di Buleleng itu. Ada yang memasang lampion, ada yang membersihkan areal klenteng agar lebih nyaman.

 

Seperti diungkapkan salah seorang pengurus TITD Ling Gwan Kiong, Wirasanjaya atau yang lebih akrab disapa Cong San. Ia menyebut perayaan Tahun Baru Imlek 2571 sudah dimulai sejak 17 Januari lalu saat sembahyang Dewa Naik.

 

Selanjutnya pada Jumat (24/1) hari ini akan dilaksanakan sembahyang bersama mulai pukul 09.00 Wita. Sedangkan pada malam harinya, sekira pukul 20.00 Wita akan dipentaskan kesenian Barongsay di areal TITD Ling Gwang Kiong. Kemudian sekitar pukul 23.59 barulah dilaksanakan sembahyang menyambut tahun baru.

 

“Sabtu pas tanggal 25 Januari sekitar pukul 00.01 dini hari baru dilakukan lepas balon bersama, kembang api dan barongsay. itu sebagai penanda dimulainya tahun baru imlek,” ujar Cong San.

 

Lanjutnya, berdasarkan data suka duka di TITD Ling Gwang Kiong, tercatat sekitar 2.200 umat Tionghoa yang ada di Buleleng. Bahkan, tidak menutup kemungkinan warga Tionghoa asal Singaraja yang merantau ke luar Buleleng khususnya Denpasar juga akan pulang untuk sembahyang ke Klenteng ini.

 

Lalu apa harapan dan peruntungan di Tahun Baru Imlek ini?

 

Dijelaskan Cong San, tahun baru imlek 2571 ini merupakan shio Tikus Logam. Ia menyebut jika karakteristik tikus tersebut harus selalu melihat situasi dan hati-hati.

 

Pihaknya pun meminta agar shio Tikus Logam dimaknai lebih waspada dan lebih berpikir dalam melaksanakan sesuatu.

 

“Ya mungkin kami berharap penuh agar sisi ekonomi membaik dibandingkan tahun sebelumnya. intinya ekonomi stabil. apalagi Presiden Jokowi kan sedang memulai dan memperbaiki perekonomian bangsa, semoga saja bisa kian membaik,” harapnya.