Jelang Nataru Tempat Ibadah dan DTW di Buleleng Dipastikan Dapat Pengaman Ketat

Kapolres Buleleng AKBP Dhanuardana saat menyapa salah satu komponen pengamanan Nataru 2023 di Apel gelar pasukan operasi lilin 2022 bertempat di lapangan taman Kota Singaraja
Kapolres Buleleng AKBP Dhanuardana saat menyapa salah satu komponen pengamanan Nataru 2023 di Apel gelar pasukan operasi lilin 2022 bertempat di lapangan taman Kota Singaraja

BULELENG, balipuspanews.com – Menjelang puncak perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) Polres Buleleng mulai menyiapkan pengamanan lebih ketat disejumlah tempat ibadah serta destinasi wisata (DTW) untuk di Kabupaten Buleleng. Bahkan untuk kegiatan antisipasi teror telah dilaksanakan sejak 10 hari lalu di sejumlah pintu masuk Buleleng.

Seperti dikatakan Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H untuk proses pengamanan Nataru di Kabupaten Buleleng sudah disiapkan 2 pos pelayanan dan pos pengamanan serta nantinya dibantu oleh sekitar 11 pos pantau di masing-masing Polsek.

“Tugasnya mengcover segala yang berkaitan dengan kegiatan di tempat ibadah serta DTW yang ada dimasing-masing Kecamatan di Kabupaten Buleleng termasuk segala bentuk kegiatan masyarakat menjelang Nataru ini,” ungkapnya saat ditemui di sela-sela apel gelar pasukan operasi lilin 2022 bertempat di lapangan taman Kota Singaraja, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga :  Kawasan Hutan Lindung Gunung Agung Kembali Terbakar, Asap Berwarna Coklat Terlihat dari Kejauhan

Bahkan pelaksanaan pengamanan diakui AKBP Dhanuardana telah dilakukan sejak 10 hari lalu. Dimana langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya teror menjelang Nataru.

Sehingga dalam proses itu dilakukan razia-razia khususnya untuk kendaraan-kendaraan yang akan masuk ataupun keluar dari Wilayah Kabupaten Buleleng.

“Antisipasi teror kita sudah lakukan sejak 10 hari lalu, kita sudah lakukan razia utamanya terhadap kendaraan yang mau masuk atau keluar dari Kabupaten Buleleng. Razia itu dilaksanakan dengan memeriksa kendaraan untuk antisipasi ada yang membawa senjata tajam, api, maupun bahan peledak,” ungkapnya.

Kemudian dalam apel gelar pasukan operasi lilin 2022, Kapolres AKBP Dhanuardana menyebutkan untuk pengamanan Nataru Polres Buleleng melibatkan personel dalam rangka pam Nataru sebanyak 703 personel terdiri dari 139 personel terseprint dalam operasi lilin agung 2022, 257 personel terseprint Pam Nataru 2022 dan 307 personel terseprint dalam Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD)

Baca Juga :  Hektaran Lahan Terbakar di Sangalangit

“Harapan saya (Kapolres) kepada seluruh masyarakat dalam menyambut Nataru agar pelaksanaannya dilakukan tidak berlebihan dan dengan tertib sehingga tercipta situasi aman dan nyaman,” pungkasnya.

Sekedar diketahui apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., bersama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd., dan dihadiri segenap unsur pimpinan daerah, TNI/Polri, para tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh pemuda dan unsur komponen pengamanan lainnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan