Minggu, Juli 21, 2024
BerandaDenpasarJelang Nyepi dan Bulan Puasa, Polsek Denpasar Utara Rakor Bersama Forkopimcam

Jelang Nyepi dan Bulan Puasa, Polsek Denpasar Utara Rakor Bersama Forkopimcam

DENPASAR, balipuspanews.com – Hari Raya Nyepi dan bertepatan awal Bulan Suci Ramadhan jatuh pada 11 Maret 2024. Guna melaksanakan pengamanan wilayah, Polsek Denpasar Utara dan Forkopimcam Denpasar, menggelar Rapat Koordinasi yang berlangsung di Kantor Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar, pada Senin (4/3/2024).

Rakor ini dihadiri Kapolsek Denpasar Utara Iptu I Putu Carlos Dolesgit., S.H.,M.H bersama Camat Denut I Wayan Yuswara, S.STP.,M.Si, perwakilan FKUB Kota Denpasar, Danramil 1611-01 Dentim, Perbekel, Kelian Adat se-Desa Dauh Puri Kaja, perwakilan Tokoh Agama Yayasan Masjid, Musholla se-Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara.

Iptu Carlos menyampaikan, rakor ini dilaksanakan mengingat dalam beberapa hari ke depan umat Hindu akan merayakan Hari Taya Nyepi Tahun Caka 1946 bersamaan dengan umat muslim yang menjalankan ibadah pertama bulan puasa Ramadhan.

“Jadi, Desa Dauh Puri Kaja memiliki penduduk yang heterogen sehingga Toleransi menjadi yang utama,” bebernya.

Kapolsek Carlos pun menyampaikan bahwa pihaknya siap memberikan pelayanan keamanan bagi masyarakat khususnya di wilayah Denpasar Utara terkait pelaksanaan ibadah keagamaan dengan bersinergi bersama Kecamatan Denpasar Utara dan Koramil 01 Denpasar Timur, serta Forkopimcam Denpasar Utara. Sinergitas ini akan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh puri dan tokoh pemuda.

BACA :  Pasca Helikopter Jatuh, Pemprov Ingatkan Perda Larangan Menaikkan Layangan di Sekitar Bandara

“Mari kita sebagai umat Hindu dan umat muslim harus bisa saling menghargai dan saling menjaga sehingga masing-masing umat bisa lancar dalam menjalankan ibadah dengan mengedepankan toleransi dan kerukunan antar umat beragama,” pinta Kapolsek Carlos.

Selain itu, Polsek Denpasar Utara juga menghimbau kepada masyarakat untuk bersama menjaga sehingga Tapa Brata Penyepian dan pelaksanaan puasa Bulan Ramadhan bisa berjalan aman dan kondusif.

Senada disampaikan Camat Denpasar Utara agar warga di Desa Dauh Puri Kaja tetap menjaga kerukunan antar warga dan secara tehnis di lapangan akan didukung dan kerjasama masyarakat dengan satuan pengamanan.

Sementara, tokoh muslim sekaligus kepala Dusun Wanasari H.Badrus Samsuri menyampaikan kesiapannya untuk melaksanakan pengamanan dengan unsur terkait. Sehingga seluruh rangkaian perayaan Nyepi dan Ibadah Bulan Ramadan berjalan dengan aman dan lancar serta toleransi tetap terjaga dengan baik.

Dalam rakor tersebut juga dibacakan kesepakatan dan seruan bersama oleh Majelis Agama Dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Denpasar, yang dilanjutkan penanda-tanganan bersama oleh seluruh undangan yang hadir.

BACA :  PPN Pengambengan Bakal Menjadi Destinasi Wisata Perikanan

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular