Prosesi upacara melasti
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Tabanan, balipuspanews. com – Menjelang hari Raya Nyepi Pantai Yeh Gangga, Gubug, Tabanan menjadi pusat kegiatan ritual melasti  bagi sejumlah Desam Pekraman di Tabanan.

Menurut Bendesa Adat setempat,  Winda mengatakan sebanyak   5 sampai 10  pehari masyarakat adat pekraman di wilayah Tabanan menggunakan Pantai Yeh Gangga sebagai tempat melasti menjelang hari raya Nyepi ini.

Banyaknya umat menggelar upacara   melasti ke pantai Yeh Gangga karena pihaknya  telah menyiapkan tempat yang layak untuk pelaksanaan upacara melasti.

” Alat upacara lengkap mulai dari asagan panjang terbuka,  tempat Ida Sulinggih dan juga tenda tenda untuk peneduh ,” jelasnya.

Ketika ditanya bahwa fasilitas ini menjadi peluang untuk menambah kontribusi, Winda mengatakan itu bukan menjadi tujuan utama karena pantai milik masyarakat, apalagi untuk kepentingan ritual mengajegkan Bali

“Kita  tidak menentukan target targetan ,kita mepunia sajalah, tetapi jika ada punia karena  alasan untuk sumbangan dana  kebersihan pihaknya terima dengan baik , karena memang memang menggunakan tenaga untuk kebersihan pantai sepanjang kegiatan Melasti,” ujarnya.

Sementara Prajuru Desa Adat Pekraman setempat, Ari menyampaikan pihaknya ditugaskan untuk menerima konfirmasi dari berbagai desa adat pekraman di Tabanan.

Selain itu,  pihaknya juga mengatur sesi keberangkatan sampai tiba dipantai Yeh Gangga

” Kami mengatur jadwal kedatangan para semeton melasti ke Pantai Yeh Gangga untuk mengindari kemacetan keluar masuk kendaraan, karena melasti mengunakan banyak truk truk terbuka dengan jumlah warga ribuan ,jadi kami atur pagi siang sore, ” jelasnya.

Sementara salah satu warga, Dewa Alit Astina Manggala mengatakan semenjak ada pengaturan lalu lintas setempat jadi lancar.

 

Tinggalkan Komentar...