Rabu, Februari 28, 2024
BerandaKarangasemJelang Panen, Bupati Gede Dana Tinjau Tanaman Kapas di Desa Datah

Jelang Panen, Bupati Gede Dana Tinjau Tanaman Kapas di Desa Datah

KARANGASEM, balipuspanews.com – Tanaman Kapas seluas 15 Hektare yang ditanam pada bulan Desember 2021 lalu di wilayah Desa Datah, Abang, Karangasem segera dipanen.

Diperkirakan, masa panen akan berlangsung memasuki Maret hingga April 2022 mendatang.

Untuk memastikan pohon kapas tersebut siap panen, Bupati Karangasem, I Gede Dana turun langsung melihat kondisi tanaman. Ikut mendampingi orang nomor satu di Bumi Lahar itu Plt Kepala Dinas Pertanian, PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) dan koordinator BPP (Balai Penyuluh Pertanian), serta Ketua Kelompok Tani Merta Sari Bulakan Desa Datah, Kecamatan Abang, pada Rabu (23/2/2022).

“Daerah ini sudah dari dulu cocok ditanami kapas. Dua setengah bulan lalu kami menanam kapas di sini. Pohonnya subur, bunganya bagus, hasilnya sesuai harapan kita,” ujar Bupati Gede Dana.

Disana, Bupati Gede Dana melihat langsung, bentuk kapas yang dihasilkan masih ada bijinya dan sudah siap panen. Jika masalah panen sudah tidak perlu dikhawatirkan, kini saatnya Pemerintah mencari solusi pemasaran ditataran petani, sehingga terdistribusikan dengan baik.

BACA :  Kapolres Klungkung Pimpin Pengawalan Logistik Pemilu 2024 dari Nusa Penida ke Klungkung Daratan

Untuk kapas yang akan dipanen dengan luas sekitar 15 hektar tersebut diperkirakan akan menghasilkan kapas sebanyak 15 ton dengan rata-rata 1 ton kapas dihasilkan dari satu hektar lahan.

“Hasil produksinya sangat banyak. Dinas terkait sudah mendata ada lima pengepul, serta 50 pengerajin pemintal. Tentu pembeli tidak cukup produsen Karangasem saja. Kami sangat berharap ada pabrik benang di Bali yang akan membeli Kapas Karangasem agar bisa menjadi benang. Sehingga harga jual kapas juga bisa lebih tinggi,” harap Gede Dana.

Disisi lain, Gede Dana berharap akan muncul kelompok-kelompok tani untuk melakukan pemintalan kapas menjadi benang. Mengingat, Karangasem memiliki banyak penenun. Apalagi Pemkab Karangasem di tahun 2022 ini menargetkan pengembangan 100 hektar lahan pertanian kapas yang dibiayai dari APBD Kabupaten Karangasem di wilayah yang dianggap memiliki potensi diantaranya, Wilayah Desa Datah, Tulamben dan Seraya Timur.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular