Jumat, Februari 23, 2024
BerandaKarangasemJelang Pemilu 2024, Bawaslu Karangasem Tangkal Hoax

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Karangasem Tangkal Hoax

KARANGASEM, balipuspanews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karangasem mulai melakukan sosialisasi untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Salah satu yang menjadi perhatian Bawaslu Karangasem yaitu tentang isu money politik serta informasi hoax yang kerap muncul di media sosial (medsos) menjelang perhelatan 5 tahunan tersebut.

Topik ini mencuat dalam Rapat Koordinasi Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu bersama awak media yang berlangsung di Hotel Puri Bagus, Candidasa, pada Sabtu (23/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Karangasem, I Nengah Putu Suardika mengatakan bahwa menjelang Pemilu 2024, pihaknya tengah gencar melaksanakan sosialisasi dalam upaya untuk mengantisipasi potensi pelanggaran seperti berita hoax, politik uang maupun tentang netralitas ASN dengan cara meningkat pengawasan dan kordinasi dengan pihak terkait.

“Kami berharap peran serta media serta warga masyarakat agar bisa ikut mengawal jalannya tahapan Pemilu ini. Utamanya untuk mengantisipasi berita hoax, apabila mendapatkan informasi tertentu agar memastikan kebenarannya terlebih dahulu sebelum mencerna informasi ataupun ikut menyebarkan informasi tersebut. Kita juga membentuk tim pengawasan untuk memantau informasi yang tersebar di media sosial,” kata Suardika.

BACA :  Danamon Hadirkan Solusi Bebas Galau Finansial dan Anti Sulit di IIMS 2024

Khusus untuk penanganan berita hoax Bawaslu Kabupaten Karangasem juga bekerjasama dengan pihak kepolisian dan Diskominfo. Apabila nantinya ditemukan berita hoax terkait Pemilu akan langsung dilakukan koordinasi, apabila terbukti melanggar akan langsung diproses sesuai dengan peraturan yang ada.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular