Jumat, Maret 29, 2024
BerandaJembranaJembrana Punya Pengrajin Tenun Melayu

Jembrana Punya Pengrajin Tenun Melayu

JEMBRANA, balipuspanews.com– Bumi Makepung selama ini dikenal dengan kain tenun cagcag yang diproduksi oleh penenun khusunya diwilayah Kecamatan Jembrana.

Belakangan ini baru terungkap kalau Jembrana juga memiliki pengrajin tenun melayu di Kelurahan Loloan Negara.

Salah satu pengrajin tenun endek melayu, Rahmat Hidayat mengatakan tenun endek yang ada di loloan ini dapat menghasilkan kerajinan yang lebih indah dan baik dari daerah lain.

Di karenakan tenun endek loloan ini mempunyai ciri khas yang beda yakni khas Melayu.

Dalam menjalani masa Pandemi Covid-19 saat ini, hasil dari penjualannya sangat menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Hidayat berharap agar pemerintah daerah tetap memperhatikan para pengrajin tenun.

“Sebelum pandemi ini berlangsung, hasil dari penjualan tenun endek ini bisa mencapai 4 jutaan, sedangkan sekarang hanya bisa mencapai angka 3 saja,”ungkapnya.

Keberadaan tenun endek Melayu itu juga membuat Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, penasaran.

Pada Jumat (3/9/2021) Bupati Tamba, bersama jajaran mengunjungi pengrajin tenun endek di Kelurahan Loloan Barat.

Bupati Tamba mengaku baru pertama kalinya mendengar adanya pengrajin tenun endek melayu.

BACA :  Pasca Penangkapan 3 Ons Sabu, Blok WBP Digeledah

“Saya tahu dari teman-teman DPR RI, bahwa di loloan juga ada tenun. Saya kaget, ada tenun melayu. Makanya hari ini kita datang dan mengecek langsung. Ternyata karyanya sangat bagus. Saya ajak mereka untuk tetap semangat jangan pernah putus asa kita pasti maju nanti tetap kita percaya,” ujarnya.

Tamba juga menyampaikan arahan dan masukan kepada pengrajin agar terus menekuni kerajinan yang dilakukan, untuk memajukan Kabupaten Jembrana.

“Tenun Khas loloan ini harus ada ciri khas Melayunya, juga harus beda dari tenun daerah yang lain dan dapat dipasarkan pada pasar modern,” ungkapnya.

Bupati juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendukung dengan program program inovatifnya.

“Kita akan membangun rumah tenun bagi perajin UMKM untuk lebih fokus berkarya,” ujarnya.

Bupati menyampaikan akan membangun sentra tenun untuk pengerajin tenun didesa desa.

Sentra tenun dan songket yang akan dibangun tersebut bertujuan agar para pengrajin tenunan khas Bali dari daerah Kabupaten Jembrana bisa fokus bekerja dan memperoleh inovasi.

BACA :  Mulai Terkikis, Nyurat Aksara dan Berbahasa Bali Terus Digalakkan ke Generasi Muda

“Pembangunan rumah tenun sudah disetujui anggarannya dari pusat, rencananya sentra tenun yang akan dibangun tak hanya berfungsi untuk bertenun tetapi juga dijadikan pusat destinasi, karena rumah tenun yang kita buat berkonsep elegan dan modern, sehingga yang datang ke sentra tenun ini terksesan, serta muncul kreatifitas dan inovasi baru. SDM nya juga dikembangkan dan terus kita upgrade jadi terpadu ,” terangnya.

Penulis : Anom
Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular