Jembrana Raih Penghargaan Kualitas Pengisian JPT dari KASN

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menerima penghargaan dari Ketua KASN, Agus Pramusinto di Yogyakarta (6/10/2022)
Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menerima penghargaan dari Ketua KASN, Agus Pramusinto di Yogyakarta (6/10/2022)

JEMBRANA, balipuspanews.com
Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menerima penghargaan dari Komisi  Aparatur Sipil Negara (KASN) atas prestasinya sebagai daerah dengan  kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) kategori baik.

Penghargaan ini diberikan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai apresiasi dan dukungan terhadap pemerintah daerah dalam pelaksanaan pengisian JPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kabupaten Jembrana bersama Kota Denpasar menjadi satu satunya kabupaten di Bali dari 21 kabupaten se-Indonesia diganjar penghargaan.  Sementara Provinsi Bali dalam penghargaan ini mendapat kategori sangat baik.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua KASN, Agus Pramusinto di Yogyakarta (6/10/2022) dihadiri secara virtual Wapres RI, K. H. Ma’ruf Amin serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas.

Turut dilaunching saat itu, aplikasi Sijapti 4.0 dari KASN.

Usai menerima penghargaan, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengucapkan terimakasih kepada Pansel JPT Kabupaten Jembrana Tahun 2021, sekretariat pansel, serta seluruh staf BKPSDM dan semua  pihak yg telah bekerja keras dan  mendukung pelaksanaan Pengisian JPT di Kabupaten Jembrana.

Baca Juga :  Ratusan Ikan Mas Koki Ditampilkan Saat Kontes Bemas Koki Tahun 2022

“Terimakasih atas kerja keras semua, mulai dari perencanaan sampai dengan pelantikan JPT sehingga Pemkab Jembrana memperoleh anugerah kualitas pengisian JPT dari  KASN. Mari kita kerja bersama dalam satu team work yang kuat membangun Jembrana. Pertahankan prestasi ini dalam penyelenggaraan sistem manajemen kepegawaian di Kabupaten Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Seiring dianugerahkan penghargaan pengisian JPT dari KASN, bupati juga menegaskan kepada para pejabat dilingkup Pemkab Jembrana untuk bekerja secara sungguh-sungguh dan profesional.

Ia meyakinkan akan melaksanakan proses setransparan mungkin dalam pengisian jabatan tinggi di Jembrana.

“Persiapkan diri, tunjukkan kinerja sebaik mungkin. Saya akan lakukan yang terbaik, dengan proses yang transparan dalam pengisian jabatan  di Jembrana,” ujarnya.

Baca Juga :  Sekda Buleleng Tinjau Pelaksanaan Seleksi PPPK Guru Tahun 2022

Disisi lain, penghargaan tahun ini kata Ketua KASN Agus Pramusinto, wujud  apresiasi atas prestasi instansi pemerintah yang telah berhasil menerapkan sistem merit dalam pengisian JPT serta memberikan dukungan motivasi kepada instansi pemerintah dalam mebingkatkan akuntabilitas kinerja KASN.

Sekaligus pula sebagai pesan dukungan secara meluas kepada seluruh stakeholder mengenai urgensi penerapan sistem merit pengisian JPT.

“Penilaian dilakukan secara komprehensif dengan lima dimensi sebagai indikator. Pertama perencanaan pengisian JPT, kedua pelaksanaan pengisian, ketiga sistem pelaporan, keempat inovasi manajemen pengisian dan terakhir pelanggaran pengisisan JPT,”  jelasnya.

Ditambahkannya, ada dua prasyarat utama agar daerah mampu memenuhi prasyarat dalam menerima penghargaan.

Yaitu, daerah harus mampu memenuhi nilai indeks sistem merit kategori baik. Berikutnya dari hasil penilaian kualitas pengisian JPT dengan kategori  sangat baik dan baik.

Baca Juga :  Pensiunan Guru SMP Ternama Ini Sebut JKN Sangat Bermanfaat

“Penghargaan kategori tahun ini diserahkan kepada sebanyak 21 kabupaten, 14 provinsi serta 16 kotamadya se Indonesia mendapat penghargaan dari KASN dengan kategori baik dan sangat baik. Termasuk ikut dinilai kementerian dan institusi dan lembaga,” kata Agus.

Sementara Wapres RI, KH Maruf Amin berharap penghargaan mampu  menjadi motivasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagai indikator meningkatnya kualitas birokrasi dimata internasional mendukung masuknya inivestasi ke Indonesia.

“Saya harap semua daerah di Indonesia memenuhi standar yang ditetapkan. Tidak ada yang sampai tinggal kelas. Otonomi daerah jangan mengkotakkan semangat daerah tapi visi daerah yang maju akan berkontribusi bagi Indonesia maju. Bersama sama kita wujudkan birokrasi yang unggul dan kuat,” pesan Maruf Amin.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan