Kamis, Maret 28, 2024
BerandaDenpasarJika Erupsi, Wisatawan Asing Dievakuasi Gunakan Kapal Perang Amfibi

Jika Erupsi, Wisatawan Asing Dievakuasi Gunakan Kapal Perang Amfibi

Denpasar, balipuspanews.com – Para wisatawan asing yang dievakuasi melalui jalur laut telah disiapkan dua buah kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) atau juga dikenal sebagai Amphibious Transport Dock) adalah sebuah kapal perang amfibi dengan kapasitas 1500 penumpang.

“Dari AL menyediakan satu kapal jenis LST (Landing Shif Tank) serta dua kapal laut jenis Landing Platform Dock (LPD),” kata I Gusti Bagus Oka Tapayas, Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar ketika dimintai keterangannya di Pelabuhan Benoa, Selasa (24/10)

Ia mengatakan untuk kapal LST disediakan untuk mengangkut para pengungsi dengan kapasitas 1000, sesangkan LPD kapasitasnya 1.500.

Proes pengangkutannya bertahap sesuai dengan kapasitas kapal.

Disisi lain, Deputi Operasi dan Latihan BAKAMLA RI, Laksamana Pertama TNI Semi Djoni Putra melaksanakan kunjungan ke KN Gajah Laut-4804 di Pelabuhan Benoa mengatakan BAKAMLA RI sebagai instansi keamanan laut yang memiliki fungsi menjaga Keamanan dan Keselamatan di Laut serta pencarian dan pertolongan (Search and Rescue/SAR) dilaut sudah menyiapkan jalur evakuasi laut bagi para pengungsi di Kabupaten Karangasem.

BACA :  Pemkot Denpasar Canangkan Pelayanan Publik Berbasis HAM

“Jika erupsi terjadi kita sudah melakukan preventif serta berkoordinasi dengan AL, Perhubungan Laut, KKP dan unsur lainnya guna mengangkut pengungsi ke Lembar, Lombok, ” kata

Ia mengatakan Kesiapan kapal patroli dan personel SPKKL BAKAMLA diharapkan dapat membantu secara optimal tugas-tugas Satgas Penanggulangan Darurat Gunung Agung guna meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

Dalam upaya langkah evakuasi itu, pihaknya menggunakan dua dermaga yakni Dermaga Tanah Ampo untuk kapal -kapal kecil yang bisa bersandar.

Kemudian kapal besar jenis LST (Landing Shif Tank) dan Landing Platform Dock (LPD) ditempatkan di dermaga Padang Bai.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular