Kamis, Maret 28, 2024
BerandaKlungkungJKN-KIS Jamin Operasi Suartini Hingga Tuntas

JKN-KIS Jamin Operasi Suartini Hingga Tuntas

KLUNGKUNG, balipuspanews.com– Setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memiliki cara bersyukur yang berbeda-beda atas keberadaan Program JKN-KIS.

Mereka yang tidak pernah memanfaatkan saja merasakan dapat ikut berpartisipasi dalam prinsip gotong-royong untuk membantu peserta lain yang lebih membutuhkan.

Apalagi bagi mereka yang sedang sakit dan memperoleh manfaat pelayanan kesehatan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hal tersebut dialami oleh salah satu peserta JKN-KIS bernama Ni Nyoman Suartini,44,. Suartini, begitu sapaan akrabnya merasa begitu bersyukur telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, karena dirinya dapat berobat tanpa mengeluarkan biaya dari kantongnya sendiri.

Ia menderita kanker payudara dan harus menjalani operasi yang sebenarnya berbiaya besar.

“Saya operasi kanker payudara di RSUP Sanglah awal tahun ini dengan dijamin penuh JKN-KIS tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Saya sangat bersyukur karena jika membayar sendiri, saya merasa sangat berat,” ungkap ibu asal Dawan Klungkung ini.

Dirinya mengaku sudah merasakan tanda-tanda sakitnya dari tahun 2018. Namun dari tahun tersebut ia hanya menjalani rawat jalan karena hasil pemeriksaan menunjukkan penyakitnya belum mendesak untuk dilakukan operasi dan menyesuaikan dengan kondisinya saat itu.

BACA :  Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2025 Dimulai

Baru kemudian dokter memutuskan bahwa ia harus menjalani operasi pada awal tahun 2021. Suartini menceritakan kembali proses awal ia akan melakukan operasi di RSUP Sanglah.

“Saat itu saya hanya berdoa dan mengikuti petunjuk dari fasilitas kesehatan, saya dirujuk secara berjenjang hanya berbekal JKN-KIS saja hingga sampai di Sanglah, proses yang saya jalani lancar tanpa ada hambatan yang berarti,” kenangnya.

Suartini memperoleh JKN-KIS ini dari Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung, ia terdaftar sebagai salah satu Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai dari APBD Kabupaten Klungkung.

Klungkung merupakan salah satu Kabupaten yang sudah berpredikat Unoversal Health Coverage (UHC).

Saat ini Suartini masih menjalani pengobatan untuk menjaga agar kondisinya tetap sehat dan dapat beraktivitas seperti biasanya dengan mengandalkan JKN-KIS ini.

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular