Jokowi Ngevlog Bali Aman, Kunjungan Turis ke Buleleng Meningkat

Singaraja, balipuspanews.com – Dampak signifikan dirasakan Daya Tarik Wisata (DTW) Permandian Air Panas alami Desa/Kecamatan Banjar, Buleleng paska Presiden Jokowi ngevlog Bali Aman di Pantai Kuta, Jumat (22/12) lalu.

Turis asing dari Eropa seperti Spanyol, Belanda dan Jerman. Tak ketinggalan, Turis Asia asal Malaysia dan China nampak antri untuk membeli tiket masuk untuk di obyek wisaya Air Panas Banjar tersebut.

Pengelola obyek wisata Air Panas Banjar, Ida Ayu Putu Rinta mengaku tingkat kunjungan ke Air Panas mengalami kenaikan sejak 24 Desember lalu.
Peningkatan tersebut dibuktikan dengan penjualan karcis hingga 80 persen dari hari sebelumnya.
“Ada peningkatan sejak tanggal 24 Desember. Itu banyak dari tamu Eropa, Asia dan domestik. Kalau biasanya, paling 50 lembar yang terjual. Tapi sekarang sudah tembus 150 pengunjung yang datang, baik turis asing maupun domestik. Kalau dipersentase sampai 80 persen kenaikannya,” kata Dayu Rinta.
Dayu Rinta pun mengaku optimis jika perayaan tahun baru nanti akan turut mendongkrak tingkat kunjungan turis ke Buleleng, khususnya ke Air Panas Banjar.
“Kami optimis tahun baru ini tingkat kunjungan ke Air Panas Banjar meningkat. Apalagi high seasons, pasti ramai” imbuhnya.

Sementara, dampak peningkatan kunjungan juga dirasakan oleh alah seorang pemandu wisata (guide) asal Buleleng bernama Nyoman Sudarsana.

Baca Juga :  Rumah Pajang Produk UMKM di Tejakula Diresmikan

“Setelah Pak Jokowi ngevlog Bali aman untuk dikunjungi, wisman mulai ramai.  Boleh dikatakan tingkat kunjungan wisma ke Bali sudah normal,” katanya.

Sudarsana bahkan mengaku bahwa turis saat ini sudah tidak takut untuk berkunjung ke Bali.

“Simpang siur informasi di medsos menyebabkan kunjungan turis ke Bali anjlok. Ya, selama ini turis asing kan mengira jika dampak Gunung Agung tersebut membuat Bali harus dikosongkan. Padahal tidak, hanya yang berada di radius 10 kilometer saja yang mesti mengungsi, selebihnya aman,” ungkapnya.

Kata dia, berkat Presiden Jokowi ngevlog, kunjungan turis mancanegara jelang akhir tahun kembali normal.

“Sekarang, malah turis ingin melihat Gunung Agung, tentunya dari jarak aman. Bahkan turis Spanyol yang saya antar ini sudah sempat ke Pura Lempuyang, Pura Besakih dan Kintamani,” tutupnya.