Jro Mangku Made Nesa

Karangasem, balipuspanews.com – Dukungan untuk Dr Ir Wayan Koster MM untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub 2018, datang dari berbagai kalangan masyarakat.

Kalangan spiritual di Bali pun tak segan menyuarakan dukungan pada tokoh asal Sembiran, Buleleng ini. Seperti Jro Mangku Made Nesa, yang berasal dari Desa Tengah, Bebandem, Karangasem.

Menurut pria yang akrab dipanggil Jro Mangku Nesa ini, pilihan untuk mendukung Wayan Koster atau Koster Bali Satu (KBS) untuk berpasangan dengan Dr Ir Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, dikenal dengan paket KBS-ACE, merupakan pilihan terbaik baginya.

Selama ini, ujar Jro Mangku Nesa, Bali tidak bisa dilepaskan dari adat dan budaya. Hal inilah sesungguhnya yang menjadi roh dan taksu Bali. Dengan program KBS-ACE yang salah satunya adalah menguatkan desa adat, disertai pelestarian budaya di masing-masing desa adat ke depan nanti, maka pada saatnya nanti kebudayan di Bali akan kembali bersinar. Bali akan mencapai kemasyhuran, berkat terjaganya nilai kebudayaan melalui penguatan desa adat.

“Bali memiliki taksu, dikarenakan budayanya yang tiada duanya di dunia ini. Budaya yang adiluhung, budaya yang diwariskan turun-temurun oleh leluhur. Kalau ini tidak dijaga dan dikuatkan, tentu taksu Bali akan redup,” katanya.

Dia melanjutkan, bukti konsistensi KBS-ACE dalam menjaga adat dan budaya Bali, karena selama ini sudah banyak wantilan serta pura yang dibangun. Selain itu, grup-grup kesenian tradisional pun menerima sumbangan untuk pembelian alat musik. Langkah KBS ini, tentu berimbas makin bergairahnya kebangkitan seni tradisional di Bali.