Kain Rangrang Ciri Khas Nusa Penida Kini Populer Dengan Motif Loreng Tentara

Motif lurik tentara yang diproduksi pengerajin kain rangrang
Motif lurik tentara yang diproduksi pengerajin kain rangrang

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Rangrang adalah motif kain khas Nusa Penida yang kini mulai mendunia. Bukan itu saja pada tahun 2014 sampai 2018 kain rangrang sempat hits dipakai para pejabat,  artis, pesohor nasional, dan dunia.

Karenanya kain rangrang khas Nusa Penida ini, sempat laris manis dipasaran membuat pengerajin, pengepulnya kecipratan rejeki. Namun kini seiring waktu kain rangrang pamornya mulai redup tak selaris masa jayanya.

Hal itu disampaikan Sudianta seorang pengerajin kain rangrang khas Nusa Penida, Minggu (22/11/2020).

Menurutnya pecinta dan pengkoleksi kain rangrang ada saja satu dua penggemar fanatiknya yang sempat bertahan hingga saat ini. Tidak itu saja para wisatawan baik domestik maupun manca negara yang berkunjung ke Nusa Penida ini, menyempatkan membeli untuk cenderamata khas Nusa Penida tersebut.

Ada juga komunitas pecinta kain rangrang yang memesan dengan motif tertentu. Misalnya seperti warna loreng tentara ini, ini adalah motif loreng khas tentara yang digemari para prajurit TNI.

“Kain rangrang motif loreng ini hasil karya penenun Banjar Ampel, Desa Pejukutan, Nusa Penida. Ini bisa dibeli lembaran per Pcs atau bisa juga di order bila dalam jumlah banyak,” ujar Sudianta kepada wartawan

Penulis/Editor : Roni/Budiarta