Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaGianyarKajari Gianyar Kawal Penggunaan Dana Desa

Kajari Gianyar Kawal Penggunaan Dana Desa

Gianyar (Balipuspanews) – Dalam upaya mengawal pemanfaatan dana desa dengan peruntukkan yang sesuai mekanismenya, Pemkab Gianyar memfasilitasi perjanjian MoU antar Perangkat Desa Kabupaten Gianyar dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Gianyar. Penandatanganan MoU dilaksanakan di ruang sidang utama Kantor Bupati Gianyar, Kamis (17/11).

Kepala Kejari Gianyar Diah Yuliastuti mengatakan, terbitnya UU No 6 tahun 2014 tentang Desa memberi amanat yang lebih besar kepada perangkat desa dalam mengelola anggaran, sesuai dengan kearifan lokal desa masing – masing.

Keuntungan tersebut, harus diimbangi dengan kemampuan manajerial yang mumpuni, agar tidak sampai terjadi penyalahgunaan wewenang. Pejabat asal Surabaya itu menerangkan, Kejari dalam kapasitasnya akan memberi pengawalan berupa bantuan hukum, dan pertimbangan, juga pengawasan terhadap perangkat desa dalam menjalankan anggaran tersebut. Mekanismenya didahului oleh MoU antar Kejari dan Pemdes, kemudian adanya permohonan konsultasi dari instansi terkait.

“Apabila ada perkara diserahkan kepada Kejaksaan, maka diterbitkan SKK dari instansi terkait kepada JAMDATUN/KAJATI/KAJARI/KACABJARI. Bantuan hukum dapat diberikan dalam pengadilan, ataupun diluar pengadilan. Semua permintaan bantuan dapat diterima kecuali terhadap perbuatan pidana, dan perbuatan pribadi, serta tidak menimbulkan konflik yang berkaitan dengan bidang lain di kejaksaan RI,”jelas Diah.

BACA :  Pemberitahuan Rencana Pengadaan Tanah untuk Pembangunan GOR dan Sarana Penunjang Lainnya di Desa Bakbakan, Gianyar

Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra menyambut baik digelarnya perjanjian kerja sama tersebut. Hal ini sebagi upaya mencegah terjadinya tindakan penyelewengan dana desa oleh perangkat desa, akibat minimnya pemahaman terhadap sistem yang ada, maupun faktor lainnya. Sebab, menurut pantauannya selama ini, ada pelbagai masalah problematik yang terjadi di lapangan.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular