Jumat, April 19, 2024
BerandaDenpasarKali Ketiga, TCI Unud Gelar Festival Musim Semi Sambut Imlek

Kali Ketiga, TCI Unud Gelar Festival Musim Semi Sambut Imlek

DENPASAR, balipuspanews.com – Kali ketiga Tourism Confucius Institute (TCI) Universitas Udayana (Unud) menggelar perayaan Tahun Baru Imlek.

Pada tahun 2574 ini Festival yang bertajuk “Spring Festival” dirayakan dengan penampilan beragam pertunjukan seni budaya seperti Barong Sai maupun Tari Kang Cie Wie.

Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara, menyebut, tahun ini merupakan kali ketiga bagi Unud dalam menyelenggarakan Festival Musim Semi Tahun Baru Imlek.

Rektor mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Konsul RRT di Denpasar, yang telah bekerja sama dengan Unud dalam mendukung program peningkatan kemampuan berbahasa Mandarin stakeholder kepariwisataan di Bali.

“Kemampuan berbahasa Mandarin dari stakeholder kepariwisataan di Bali akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para wisatawan Tiongkok,” ujarnya.

Rektor menuturkan, TCI Unud telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan KTT G20 yang berlangsung di Nusa Dua pada November 2022 lalu.

Mahasiswa Fakultas Pariwisata Unud sebanyak 40 orang berpartisipasi dalam penyambutan Presiden dan Ibu Negara RRT dengan mengenakan pakaian adat khas nusantara.

Selain itu, grup vokal mahasiswa Unud berhasil membawakan lagu Bengawan Solo dalam versi bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia di depan Ibu Negara RRT dan Ibu negara RI.

BACA :  Ketua AMSI Bali: Hoaks Menurunkan Tingkat Kepercayaan Masyarakat pada Pemberitaan Media

Prof. Antara berharap, berbagai kegiatan positif dapat dilakukan ke depannya demi meningkatkan kerja sama Unud dengan universitas-universitas di Tiongkok.

Seperti bertambahnya mahasiswa internasional dari Tiongkok di Unud, meningkatnya kerja sama antar kedua belah pihak, dan berlangsungnya program IISMA dengan baik sebagai bagian dari kegiatan MBKM ke luar negeri.

Dengan demikian, hal tersebut diharapkan menjadi salah satu pondasi bagi terwujudnya cita-cita Unud sebagai World Class University.

Pergantian tahun China kerap dikaitkan dengan simbol binatang menurut siklus zodiak China. Tahun 2023 merupakan tahun kelinci air sebagai simbol umur panjang, kedamaian, kemakmuran dalam tradisi dan budaya Tiongkok.

“Dengan demikian, tahun ini diprediksi menjadi tahun penuh harapan, kedamaian dan kemakmuran bagi seluruh umat manusia di dunia,” harapnya.

Tahun 2023 diharapkan pula dapat menjadi sebuah momentum bagi Unud untuk meningkatkan jumlah kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat internasional.

Dikatakan, Unud telah membangun jejaring kerja sama dengan dua universitas di Tiongkok, yaitu Universitas Nanchang dan Universitas Nanchang Normal dalam pendirian TCI Fakultas Pariwisata Unud.

BACA :  Pelajari Program Penitipan Anak Bagi Orang Tua Pekerja, Pemkot Denpasar Kunjungi TPA Praba Dharma Yogyakarta

“Jadi, marwahnya kita adalah akulturasi budaya. Di pentas Kang Cing Wie dan Jaya Pangus dapat didengar suara musiknya merupakan gabungan instrumental China dengan Bali,” jelas Direktur Indonesia TCI Fakultas Pariwisata Unud, I Made Sendra, di sela-sela acara tersebut.

Made Sendra menambahkan, Festival Musim Semi merupakan perayaan menyambut Tahun Baru Imlek dengan simbol berganti zodiak dalam horoskop China. Imlek tahun ini dengan simbol kelinci air.

“Kelinci itu binatang yang mungil, cantik, cerdik, lincah, dan selalu hidup berbahagia. Karena itu, tahun kelinci, semoga dunia semakin mendapatkan berkah, terutama untuk pariwisata Bali,” ujarnya.

Dia mengatakan, TCI Unud mendukung jika ke depan ada penerbangan langsung dari beberapa daerah di China seperti sebelum pandemi. Sendra menyampaikan bahwa terdapat libur panjang hingga sebulan lamanya di China, salah satunya pada saat perayaan Imlek. Karena itu, wisatawan China menjadi potensi besar bagi pariwisata Bali.

Perayaan Imlek di Unud dihadiri oleh Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Denpasar, Zhu Xinglong. Dia mengaku sangat senang bisa menghadiri acara Festival Imlek yang diselenggarakan oleh TCI Unud.

BACA :  10 Finalis Bersaing di Grand Final Pemilihan Duta GenRe Denpasar 2024

“Saya mewakili Konsulat Jenderal Tiongkok di Denpasar dengan tulus menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek kepada hadirin sekalian,” ucap Zhu Xinglong.

Dalam kesempatan itu, Konjen RRT menyampaikan kebijakan Tiongkok yang akan terus memperluas keterbukaan terhadap dunia luar dan berbagi peluang pembangunan dengan semua negara di dunia, termasuk dengan Indonesia.

Konsulat pun terus membangun kerja sama semakin dalam di wilayah masing-masing, terlebih dalam bidang pendidikan dan budaya.

Ia menyebut, Konjen Tiongkok di Denpasar telah membagikan beasiswa kepada 191 siswa berprestasi bahasa Mandarin dan guru yang berprestasi mengajar bahasa Mandarin. Selain itu, pihaknya menyumbangkan bahan ajar bahasa Mandarin kepada 12 sekolah.

Konjen RRT bekerja sama dengan TCI Unud serta Bali Mandarin Center juga mengundang guru bahasa Mandarin untuk mendukung program peningkatan kemampuan berbahasa Mandarin stakeholder kepariwisataan di Bali dengan total 270 peserta.

“Konjen Tiongkok di Denpasar akan terus berusaha untuk mempromosikan kerja sama Tiongkok dengan wilayah kerja kami. Kami juga bersedia berkontribusi dalam kerja sama budaya dan pendidikan antara universitas di Tiongkok dan Indonesia,” pungkas Zhu Xinglong.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular