Anak- anak desa Ked, Taro Tegallalang gelar kampanye sampah plastik dengan ngelawang barong berbahan plastik dan poster keliling banjar. Foto Oka Suryawan bpn
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR,  balipuspanews.com- Sekaa Taruna Taruni ( STT)  Sapta Petala banjar Ked, Taro, Tegallalang melakukan trobosan menarik untuk mencegah tumpukan sampah diwilayahnya. Salah satu kiat yang dilakukan adalah menggelar kampanye penanggulangan sampah plastik bertajuk Jaga Jagad  dengan mengandeng Kopernik dan TrashStock. Acara yang berlangsung selama dua hari ( 15- 16 Juni) 2019,  di banjar Ked itu mendapat sambutan hangat dari warga setempat.

Acara dimeriahkan dengan arak- arakan poster dan barong  dari bahan plastik oleh anak- anak keliling banjar. Kampanye lingkungan bebas sampah itu juga dimeriahkan dengan pemutaran film berjudul “ Pulau Plastik ”, workshop dan diskusi tentang bahaya dan cara  daur ulang sampah plastik. Tampil sebagai pembicara dalam kampanye lingkungan tersebut Gede Robi Navicula (Musisi/Aktivis Lingkungan) dan Ida Ratu Mas Dalem Segara (Sulinggih).

Kegiatan juga disemarakan  dengan pertunjukan music dan hiburan  oleh Gde Robi Navicula, Geeksmile, Leeyonk Sinatra, Bondres serta beberapa artis lokal lainnya.

” Dengan menggunakan pendekatan budaya lokal, Jaga Jagad akan menjadi ruang temu antar warga dan pegiat lingkungan (seniman, musisi) untuk meningkatkan wawasan, peran serta sekaligus komitmen untuk turut mendukung ekosistem lingkungan bebas dari sampah plastik sekali pakai,” ujar Andre Dananjaya, Senior Project Officer di Kopernik.

Keterlibatan warga setempat menurut Andre, diharapkan dapat menggugah kesadaran warga dan  turut aktif dan berkelanjutan dalam penyelenggaraan agenda adat yang bebas dari sampah plastik sekali pakai, seperti tas kresek, botol minum kemasan, serta pembungkus makanan plastik. ( bas)