Jumat, Juni 14, 2024
BerandaJembranaKantong Parkir Disiapkan untuk Tampung Pemudik

Kantong Parkir Disiapkan untuk Tampung Pemudik

JEMBRANA, balipuspanews.com- Meski jumlah pemudik kemungkinan tidak sebanyak saat sebelum pandemi Covid-19, namun Polres Jembrana tetap melakukan langkah antisipasi.

Selain dengan membuat pos pantau dan pos pengamanan disepanjang jalur mudik dan pos terpadu di Pelabuhan Gilimanuk juga menyiapkan kantong parkir untuk menampung pemudik untuk menghindari antrean panjang di Gilimanuk.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, mengatakan, untuk menghadapi arus mudik selain sudah menyiapkan pola dan sudah melakukan simulasi penanganan arus mudik juga sudah menyiapkan kantong parkir sementara.

Tujuanya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi antrean panjang di Gilimanuk jika pemudik membludak saat mendekati hari-H Lebaran.

Kantong parkir sementara yang disiapakan ada lima titik. Diantaranya untuk menampung bus dan travel menggunakan Terminal Kaliakah, kendaraan kecil di Terminal Kargo Gilimanuk dan di Teluk Gilimanuk.

”Jika pemudik melonjak maka kendaraan kita tampung sementara di kantong parkir itu untuk mengurangi antrean di jalan menuju pelabuhan,” ujarnya.

Saat ini kata Kapolres, sudah mulai terlihat ada pemudik yang menyebrang. Namun jumlahnya tidak signifikan.

BACA :  Hendak Menebang Kayu, Warga Gegelang Temukan Tengkorak Manusia di Kebun

Diharapkan agar mendekati hari raya tidak terjadi antrean, warga pendatang yang sudah mendapat libur dan ingin pulang kampong agar mudik lebih awal.

“Jangan  menunggu beberapa hari menjelang lebaran sehingga malah terjebak antrean,” ungkapnya.

Meskipun di setiap pos pemeriksaan akan disediakan gerai vaksin maupun klinik rapid test antigen namun akan menyita waktu. Sehingga agar perjalanan lancar, pemudik sebelum mudik supaya sudah melakukan vaksin booster.

“Kami juga harapkan pemudik memanfaatkan moda transportasi umum seperti bus dan travel yang tersedia. Selain lebih cepat dan aman, juga mengurangi penumpukan kendaraan di Gilimanuk,” ungkapnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular