Kapolda Bali Hibur Anak-anak Korban Dampak Covid-19

Kegiatan pelayanan psikologis terhadap anak akibat dampak Covid-19 yang berlangsung di gedung PRG, pada Selasa (2/11/2021)
Kegiatan pelayanan psikologis terhadap anak akibat dampak Covid-19 yang berlangsung di gedung PRG, pada Selasa (2/11/2021)

DENPASAR, balipuspanews.com – Dampak pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir 2 tahun lamanya melumpuhkan seluruh sendi sendi perekonomian di Bali. Ribuan masyarakat tidak bisa bekerja lagi bahkan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Tidak hanya itu, pandemi Covid-19 juga memperburuk keadaan dan kondisi mental anak-anak. Terlebih anak-anak saat ini cenderung mengalami depresi dan kecemasan saat menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Terguncangnya mental generasi penerus bangsa ini juga diperparah saat seorang anak kehilangan orang tuanya akibat Covid-19. Tentunya ini sangat mengguncang mental dan kejiwaan anak, yang seharusnya memperoleh pendampingan dari kedua orang tua untuk tumbuh kembang mental seorang anak.

Guna memberikan support agar anak-anak bisa kembali hadir di tengah-tengah masyarakat, kepolisian melakukan pelayanan psikologis terhadap anak yang terdampak Covid-19.

Kegiatan pelayanan psikologis ini berlangsung secara terpusat di Jakarta. Dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan dihadiri juga oleh Menteri Sosial Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T., Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si., dan Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto.

Secara keseluruhan, kegiatan yang berlangsung secara virtual ini melibatkan 2.303 anak dari seluruh Indonesia. Dalam kegiatan ini Polri juga bekerja sama dengan lintas instansi terkait.

Tujuannya untuk menekan trauma akibat kehilangan orangtuanya lantaran Covid-19. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan perlindungan terbaik bagi generasi bangsa secara lahir dan batin.

Sementara di Bali, kegiatan pelayanan psikologis terhadap anak akibat dampak Covid-19 ini berlangsung di gedung PRG, pada Selasa (2/11/2021). Kegiatan dihadiri oleh Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. I Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., dan didampingi Wakapolda Bali Brigjen. Pol. Drs. I Ketut Suardana, M.Si., beserta beberapa PJU Polda Bali.

Acara yang diprakarsai oleh SSDM Polri melalui Biro Psikologi SSDM Polri ini mengundang puluhan anak anak terdampak Covid-19. Kegiatan ini berlangsung cukup meriah dan sangat menghibur untuk anak-anak yang hadir. Pasalnya, begitu banyak permainan dan hiburan yang dilakukan oleh pihak panitia dari Biro SDM Polda Bali.

Bahkan Kapolda Bali dan Wakapolda Bali serta PJU turut serta mengikuti permainan untuk menghibur anak-anak. Selesai acara, Kapolda Putu Jayan secara simbolis juga memberikan bantuan terhadap anak-anak berupa tali kasih bersama dengan seluruh undangan yang hadir pada hari itu.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap anak anak yang terdampak Covid-19 dengan tema Peduli Anak Indonesia Tangguh,” ujar Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Syamsi, pada Rabu (3/11/2021).

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version