Kapolda Putu Jayan: Premanisme dan Pungli No Way !! 

Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra
Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra

DENPASAR, balipuspanews.com – Kapolda Bali yang baru dilantik Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra menegaskan akan tetap meneruskan kebijakan pendahulunya Irjen Pol Petrus Reinhard Golose untuk memberantas premanisme dan pungutan liar (pungli) di Bali.

Penegasan itu disampaikan Irjen Putu Jayan disaat kunjungan kerja ke Kantor Ombudsman perwakilan Bali, Jumat (27/11) siang. Jenderal bintang dua asal Bali kelahiran Jakarta 20 November 1967 ini mengatakan situasi Bali saat ini sudah aman dan kondusif. Tidak boleh ada yang mengganggu.

Menurutnya, aksi premanisme itu banyak modusnya dan sudah diendus polisi. Bahkan untuk mengantisipasinya jajaran kepolisian sudah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP). Dimana, bila ada organisasi massa yang bertentangan dengan hukum, maka ada SOP untuk menanganinya.

“Segala kebijakan yang baik yang telah dilakukan oleh pejabat sebelumnya tetap kita pertahankan. Tidak boleh ada preman dan pungutan liar. Premanisme dan Pungli now way,” tegas Jenderal lulusan Akabri tahun 1989 ini.

Pemberantasan preman dan pungli di Bali sudah ada sejak jaman kepemimpinan Irjen Golose. Jenderal asal Manado Sulawesi Utara ini selama 4 tahun menjabat berhasil menaklukkan para ormas, premanisme, dan pungli. Sebagai bukti banyak preman di borgol kaki dan tangannya karena dianggap meresahkan masyarakat Bali.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan