Selasa, Juli 16, 2024
BerandaDenpasarKapolresta Denpasar Sebutkan Pengawasan Miras Bisa Terlaksana Asal Aturannya Jelas

Kapolresta Denpasar Sebutkan Pengawasan Miras Bisa Terlaksana Asal Aturannya Jelas

DENPASAR, balipuspanews.com – Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Jansen Avitus Panjatan mengaku sangat mendukung dicabutnya lampiran Peraturan Presiden Nomor 10 tahun 2020 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal terkait pembukaan investasi baru dalam industri Minuman Keras (Miras) oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam penegasannya, apabila minuman keras (miras) dilegalkan, sangat mudah melakukan kontrol dan pengawasan.

“Kami aparat penegak hukum siap mendukung apapun bentuk langkah pemerintah. Dengan adanya aturan maka gampang melakukan kontrol. Misalnya masalah izin dan mutu yang ditingkatkan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Perwira melati tiga dipundak itu mengakui bahwa setiap peraturan pasti ada kekurangan dan kelebihan.

“Jadi, berkaitan dengan arak sesuai dengan kebijakan Gubernur Bali niatan baiknya adalah untuk mengakomodir petani dan juga bisa terkontrol. Kalau sudah terkontrol kita mudah dalam melakukan pengawasan dan penindakan apabila ada pelanggaran. Ini kan bisa dimanfaatkan dengan baik selama bisa tertata dengan baik,” ujarnya.

Mantan Wadireskrimsus Polda Bali itu kembali menerangkan, langkah pencabutan lampiran Perpres Nomor 10 sudah dilakukan pemerintah melalui pertimbangan yang matang dan bertujuan baik.

BACA :  Rencana Ground Breaking Awal Bulan September 2024, Sekda Adi Arnawa Pimpin Rapat Pemaparan MRT

Ia pun berpendapat, apabila miras dilegalkan maka pengawasannya lebih mudah dan gampang. Namun apabila tanpa aturan sulit dikontrol.

“Contoh dari segi harga. Siapa saja bisa menjual. Kalau legal pendapat dia jelas pengaturan harganya. Termasuk perizinan dan dapat membantu pendapatan pemerintah,” bebernya.

Sebaliknya, menurut Kombes Jansen, apabila tidak diatur pengawasan dan penindakan agak sulit, bahkan banyak masyarakat menjual miras karena masalah ekonomi.

“Memang ada banyak kendala dihadapi dalam hal pengawasan dan penindakan. Kembali lagi sebagai aparat penegak hukum, kita tetap mendukung langkah pemerintah,” pungkasnya.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular