Karangasem Dua Kali Diguncang Gempa Tektonik, BPBD Nihil Laporan Kerusakan

Titik gempa yang dirilis BMKG
Titik gempa yang dirilis BMKG

KARANGASEM, balipuspanews.com – Bumi Lahar, Sabtu (18/12/2021) pagi dikejutkan dua kali gempa bumi tektonik berkekuatan M:3,2.

Berdasarkan rilis analisa dari BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi pertama terjadi pukul 06.59 wita berkekuatan M=3,2 dengan episenter terletak pada koordinat 8,29° LS; 115,65° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 15 kilometer timur laut Karangasem pada kedalaman 10 km.

Gempa bumi kedua terjadi pada pukul 07.56 wita berkekuatan M=3,2 dengan episenter terletak pada koordinat 8,29° LS; 115,62° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 12 kilometer timur laut Karangasem, pada kedalaman 14 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” jelas Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Raharjo melalui rilisnya.

Baca Juga :  Presiden Ingatkan Potensi Ancaman Resesi Global

Untuk dampak gempa bumi pertama berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan ringan dirasakan di wilayah Karangasem, Abang, Bebandem, Selat dan Kubu sedangkan gempa bumi kedua dirasakan di wilayah Abang-Karangasem

Sementara itu, Sekretaris BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana saat dikonfirmasi terkait dampak gempa diwilayah Kabupaten Karangasem sejauh ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan.

“Sejauh ini belum ada laporan,” jawabnya singkat.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan