Friendship Meeting antara Pemerintah Kabupaten Karangasem - Indonesia dengan Pemerintah Kota Kagoshima - Jepang
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Karangasem, balipuspanews.com – Friendship Meeting antara Pemerintah Kabupaten Karangasem – Indonesia dengan Pemerintah Kota Kagoshima – Jepang, yang dilakukan disela pelaksanaan konferensi JCI se Asia Pacific ini membahas tentang penjajagan kerjasama di berbagai bidang yang nantinya akan dibalut dalam sebuah hubungan bilateral (sister city).


Dalam pertemuan tanggal 25 Mei 2018  lalu di Kantor Wali Kota Kagoshima ini, selain membahas mengenai rencana kerjasama dalam arti luas, juga mendiskusikan secara khusus mengenai program disaster management terutama yang diakibatkan oleh bencana erupsi gunung berapi.

Materi pertemuan ini menjadi semakin produktif dikarenakan kedua daerah sama-sama memiliki gunung api aktif yaitu Gunung Agung di Kabupaten Karangasem dan Gunung Sakurajima di Kota Kagoshima.

Menariknya pula bahwa gunung Sakurajima ini meletus sejak seratusan tahun yang lalu sampai saat ini acara terus menerus, bahkan mencapai frekuensi 3 kali letusan setiap harinya.

Hadir di dalam pertemuan itu Tim Ahli Bupati Karangasem yang juga merupakan National President JCI Indonesia tahun 2015 Bapak Ida Bagus Agung Gunarthawa beserta rombongan dan Deputy Mayor of Kagoshima City Mr. Noriyoshi Matsunaga beserta jajaran Crisis Management Beurau of Kagoshima.

Di dalam pertemuan ini banyak dilakukan diskusi dan juga studi komparasi mengenai strategi mitigasi, evakuasi, sampai recovery program atas terjadinya letusan gunung yang tak kunjung selesai, sehingga diperlukan sebuah program yang komprehensif dan berjangka panjang.

Sebagai hasil dari pertemuan ini akan ditindaklanjuti berupa kerjasama yang lebih formal (sister city), sehingga kedua daerah akan dapat lebih optimal di dalam memberikan sharing informasi, dukungan, maupun kolaborasi kedepannya.

Mr. Noriyoshi Matsunaga dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan dan rencana kerjasama antara kedua daerah, dan berharap bisa membantu sedemian rupa segala sesuatu yang dapat meringankan beban atas terjadinya bencana khususnya di Kabupaten Karangasem.

Sementara itu, Agung Gunarthawa Executive Vice President of JCI Indonesia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas sambutan hangat serta persiapan pertemuan yang begitu rapi dan maksimal, sehingga proses diskusi menjadi sangat produktif dan penuh manfaat.

Agung menambahkan bahwa akan terus berupaya memanfaatkan jaringan JCI di 127 negara ini untuk memberikan kontribusi positif bagi pengembangan daerah di Indonesia khususnya Kabupaten Karangasem kedepan.

Sebagaimana kita ketahui Junior Chamber International (JCI) sebagai organisasi diplomasi kepemudaan terbesar di dunia, memang sejak berdiri 102 tahun yang lalu (1915), secara konsisten senantiasa berupa memfasilitasi seluruh bangsa-bangsa di dunia untuk melakukan berbagai program yang mengarah kepada perubahan positif di semua bidang.

Telah banyak lahir tokoh-tokoh dunia dari rahim organisasi yang memiliki kerjasama aktif dengan PBB ini seperti Kofi Annan (mantan sekjend PBB), Bill Clinton (mantan presiden Amerika), Taro Aso ( mantan perdana menteri Jepang), Jacky Chan (aktor film laga dari Hongkong).

Bupati Karangasem,  I Gusti Ayu Mas Sumantri pada saat melepas rombongan ini ke Kagoshima Jepang menyampaikan harapan yang besar untuk sekiranya dapat terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung antara kedua daerah, tidak hanya dalam penanganan bencana tetapi juga kerjasama di bidang ekonomi, pariwisata, pembangunan SDM, dan lain sebaiknya. (art/bpn/tim)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...