Senin, Juli 22, 2024
BerandaKarangasemKarangasem Segera Mendapatkan Kiriman Vaksin PMK

Karangasem Segera Mendapatkan Kiriman Vaksin PMK

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem bergerak cepat melakukan upaya pencegahan penyebaran PMK di Karangasem.

Rencananya, Selasa (5/7/2022) sore, vaksin PMK akan didistribusikan ke Kabupaten Karangasem dan secepatnya akan disuntikkan ke ternak sapi warga yang saat ini kondisi masih sehat.

“Ya, sore ini rencananya vaksin akan dikirim ke Karangasem, untuk jumlahnya belum kita ketahui karena masih menunggu data jumlah Sapi yang menjadi sasaran vaksin,” ujar PLT Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Suastika saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, untuk tahap awal target sasaran vaksinasi PMK adalah ternak sapi warga yang masih sehat dan berada didalam radius 3 kilometer dari kasus positif PMK yang ditemukan.

Untuk sapi-sapi yang bergejala, tidak akan divaksin melainkan diberikan obat dan vitamin untuk meningkatkan imun ternak tersebut.

“Kita bertahap, begitu semua persyaratan lengkap vaksin kita langsung suntikkan, untuk tahap awal dalam jangkauan radius 3 kilometer, selanjutnya sampai 10 kilometer, kita sudah siapkan 15 petugas untuk vaksinasi,” imbuh Suastika.

BACA :  PPN Pengambengan Bakal Menjadi Destinasi Wisata Perikanan

Ia juga menghimbau kepada peternak di Karangasem agar tidak panik berlebihan, namun tetap waspada dengan cara menjaga kebersihan kandang serta melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular