Ilustrasi corona (gambar pixabay)
Ilustrasi corona (gambar pixabay)

KARANGASEM, balipuspanews.com – Kabar kurang baik kembali datang dari Karangasem. Setelah beberapa Fasyaskes di Kecamatan Kubu yang terpapar virus Corona, kini belasan warga Desa Cegeng, Sidemen kembali dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama membenarkan perihal penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif tersebut saat dikonfirmasi media ini, Sabtu (27/6/2020).

“Ya, hari ini ada penambahan sebanyak 15 kasus terkonfirmasi positif corona akibat transmisi lokal. 13 orang asal Dusun Cegeng, Desa Kertabuana, Sidemen dan dua orang lainnya dari wilayah Kecamatan Manggis,” ujar Putra Pertama.

Lebih lanjut, kata Putra Pertama,15 kasus tersebut merupakan kasus transmisi lokal dimana seluruh pasien bekerja dan pedagang dikawasan Pasar Galiran Klungkung.

Bahkan, menurut Putra Pertama 80 persen dari 345 KK warga Dusun Cegeng juga bekerja dikawasan Pasar Galiran.

Sementara itu, dengan adanya peningkatan kasus yang signifikan secara epidemiologi di wilayah Dusun Cegeng Desa Kertabuana Kecamatan Sidemen, maka Pemerintah Kabupaten Karangasem mengambil kebijakan diantaranya.

Sesuai dengan Undang-undang No. 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, untuk mengurangi penyebaran suatu wabah maka diputuskan di wilayah Dusun Cegeng akan dilakukan karantina.

Karantina dilaksanakan dengan sejumlah ketentuan diantaranya, pelaksanaan karantina wilayah dibawah pengawasan Satgas Desa Kertabuana, Satgas Gotong Royong Dusun Cegeng dan aparat TNI/Polri.

Selain itu, pemerintah Kabupaten Karangasem akan menjamin semua kebutuhan pokok selama pelaksanaan karantina di wilayah Dusun Cegeng Desa Kertabuana Kecamatan Sidemen dan secara simbolis juga telah diserahkan bantuan sembako yang diterima langsung oleh Camat Sidemen.

PENULIS : Gede Suartawan

EDITOR : Oka Suryawan