I Gusti Putu Eka Mulyawan
I Gusti Putu Eka Mulyawan

DENPASAR, balipuspanews.com Populasi sapi di Karangasem merupakan terbesar di Bali, bahkan karkasnya menjadi salah satu terbaik dunia, untuk itu sangat penting digarap serius

” Karangasem merupakan populasi sapi terbesar di Bali dan secara kwantitas sapi Bali itu karkasnya menjadi salah satu terbaik di dunia bahkan sapi Australia yang selama ini menjadi pasokan utama daging sapi di Indonesia pun kalah, untuk itu potensi ini mesti digarap serius,” kata I Gusti Putu Eka Mulyawan, Wakil Ketua DPD Hanura Provinsi Bali, Rabu (8/1/2020).

Lebih jauh, tokoh muda asal Banjar Buyan, Menanga, Rendang ini menyatakan saat ini Karagasem jangan hanya bertumpu pada pariwisata saja.

“Sulit mengejar ketertinggalan dan menaikan tingkat kesejahteraan masyarakat jika pemimpinnya jeli seharusnya Karangasem dijadikan sebagai daerah penyangga pariwisata Bali dengan begitu akan ada percepatan untuk mengejar ketertinggalan terutama dalam hal mengentaskan kemiskinan di Karangasem,” ujar pria dipanggil akrab Gus Wawan.

Dalam menyikapi kondisi Karangasem sebaiknya  berpikir realistis saja, masih banyak potensi ekonomi yang dimiliki oleh Karangasem tanpa harus terlalu bergantung pada pariwisata saja dan ini bukan masalah bisa atau tidak bisa tapi lebih kepada kecerdasan pemimpin dalam menggali potensi.

“Menjadi pemasok kebutuhan dunia pariwisata di Bali dan secara geografi Karangasem sangat berpotensi untuk hal itu, salah satunya daging sapi,” ujarnya

Tidak hanya sapi, pasokan buah-buahan bahkan sampai oleh khas dari Karangasem bisa dikembangkan dengan baik jika pemerintahnya jeli melihat potensi,” katanya.

Ada lagi satu potensi besar berupa pengembangan tanaman industri berbasis bioteknologi.

“Jika semua itu dijalankan dengan strategi yang tepat tiyang atau saya yakin akan ada percepatan pertumbuhan ekonomi sehingga Karangasem bisa mengejar ketertinggalannya selama ini,” katanya.

Menurutnya,  petani disuruh nanam apa saja bisa tapi yang tidak mereka miliki adalah kemampuan menpenetrasi pasar karna mereka tidak dibekali ilmu dagang.

” Nah, dalam hal inilah peran Pemkab sangat diperlukan Pemkab mesti mampu menjadi sales bagi rakyatnya bila perlu Pemkab menjadi buying agent bagi masyarakat Karangasem,” kata Putra Mantan Wakil Bupati Karangasem, I Gusti Putu Widjera ini.(art/BPN/tim)