Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBulelengKaryawan Hotel dan Restoran di Buleleng Diberikan Pelatihan Up Selling

Karyawan Hotel dan Restoran di Buleleng Diberikan Pelatihan Up Selling

BULELENG, balipuspanews.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng mencoba mengambil cara jitu untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan yang akan berimbas pada bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD).

Cara jitu tersebut yakni dengan coba memberikan sebanyak 100 karyawan hotel dan restoran pelatihan Up Selling yakni cara membujuk wisatawan agar lebih lama tinggal di Buleleng.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara menyebut bahwa karyawan hotel dan restoran ternyata adalah bagian penting untuk bisa promosi pariwisata dari mulut ke mulut.

Apalagi mereka merupakan garda terdepan sehingga pihaknya bermaksud untuk meningkatkan lagi kompetensi para karyawan hotel dan restoran.

Bahkan Dody mencontohkan semisal ada wisatawan yang tadinya hanya ingin tinggal selama tiga hari di Kabupaten Buleleng dan usai karyawan hotel atau restoran memberi pemaparan tentang banyaknya objek-objek yang bisa dikunjungi. Maka secara otomatis akan meningkatkan daya tarik untuk lebih lama lagi menginap di Buleleng.

“Jadi poin yang penting dalam pelatihan Upseling adalah pengetahuan tentang destinasi, keterampilan tentang berbahasa, dan cara merayu wisatawan ini yang kita akan berikan, apalagi mereka adalah garda terdepan yang paling dekat dan bersentuhan dengan wisatawan.

BACA :  Polisi Ringkus Turis Pakistan Tipu Restoran Melalui Order Makanan Online

Sehingga wisatawan yang tadinya mau check out hari ini ada kemungkinan tertarik dengan apa yang disampaikan dan otomatis menambah lama tinggalnya untuk mengunjungi tempat yang dimaksud,” paparnya saat dikonfirmasi Minggu (16/7/2023).

Dody menambahkan untuk pelatihan akan dilakukan pada Senin (17/7/2023) dalam rangkaian menuju Lovina festival (Lovfest) 2023. Dimana untuk mendapatkan sebanyak 100 karyawan hotel dan restoran pihaknya akan menggandeng PHRI Buleleng dan mereka akan diberikan materi langsung selama sehari oleh narasumber-narasumber yang memang sudah kompeten di bidangnya.

“Saya kira ini juga bagian daripada langkah kita untuk melakukan promosi selain di media sosial. Bahkan jika ini berhasil tentu akan berimbas pada peningkatan PAD, Hotel atau Restoran, Guide, tempat wisata, dan UMKM disekitarnya. Jadi itu kenapa penting pelatihan Upseling ini,” pungkas Dody.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular