Kasus Covid-19 Menurun, Alun-alun Kota Gianyar Segera Dibuka

Alun-alun Kota Gianyar yang menjadi ikon Kota Seni akan kembali dibuka untuk umum menyusul menurunnya kasus Covid-19
Alun-alun Kota Gianyar yang menjadi ikon Kota Seni akan kembali dibuka untuk umum menyusul menurunnya kasus Covid-19

GIANYAR, balipuspanews.com – Alun-alun Kota Gianyar yang menjadi ikon baru Kota Seni akan kembali dibuka untuk publik menyusul turunnya kasus Covid- 19 di Gianyar. Sinyal tersebut disampaikan Bupati Gianyar I Made Mahayastra, Kamis (23/9/2021).

Bupati kader PDIP ini menyebutkan, obyek wisata di Gianyar mulai dibuka. Maka pihaknya juga akan segera membuka Alun-alun Gianyar. Diakuinya, selama ini Alun-alun Gianyar menjadi objek favorit warga Gianyar, dan itu juga sebagai tempat olahraga untuk meningkatkan imun.

“Seiring objek wisata yang telah buka, maka Alun-alun Gianyar juga segera saya istruksikan untuk di buka kembali,” ungkapnya.

Tingginya animo masyarakat untuk berolahraga di Alun-alun Gianyar, sangar dimakluminya. Namun, pihaknya tetap berharap masyarakat juga harus memperhatikan protokol kesehatan. Karena kegiatan di Alun-alun sempat menuai sorotan lantaran kerap ramai.

“Alun-alun Gianyar ini memang kita revitalisasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Mari kita jaga kebersihan bersama-sama dan saling menjaga dan bersama memerangi Covid,” ajaknya.

Pantauan di Alun-alun Gianyar, masih terlihat lenggang dan dibentangi tali plastik. Sebelum ditutup, Alun-alun yang disulap mewah dengan menggunakan APBD Gianyar.

Salah satu warga bernama Kusumawati yang ditemui di lokasi berharap Alun-alun Gianyar segera dibuka untuk umum. Krena tempat ini, menjadi lokasi yang baik untuk berolahraga meningkatkan imun. Dia sendiri datang ke Alun-alun untuk berolahraga.

“Di kota hanya di sini tempatnya olahraga. Di GOR Ciung Wanara dijadikan relokasi Pasar Senggol, Stadion Dipta ada proyek. Harapan kami, kalo ada pembatasan, orang yang kumpul-kumpul berekreasi itu yang seharusnya dibatasi. Kalau olahraga kami wajib jaga jarak,” harap kusuma.

Secara terpisah, Kasatpol PP Gianyar, Made Watha tak menampik selama ini masyarakat menginginkan agar Alun-alun Gianyar dibuka, khususnya masyarakat yang mencari tempat berolahraga.

Hal tersebut terlihat, setiap pihaknya melakukan patroli di wilayah tersebut, ia selalu menemukan masyarakat yang berolahraga. Namun dalam hal pembukaan Alun-alun, Watha mengatakan bukan kewenangannya.

“Untuk pembukaan, tolong konfirmasi sama Ketua Satgas Covid-19, kalau kami dari Satpol PP hanya menjalankan Inmendagri dan SE Pak Gubernur Bali,” ujarnya.

Dikarenakan belum ada instruksi untuk membuka Alun-alun Gianyar, maka dari itu pihaknya pun tetap melakukan patroli disana, serta membentangkan tali dan pengumuman bahwa Alun-alun Gianyar masih ditutup.

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan