Pemusnahan Barang Bukti di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jembrana.
Pemusnahan Barang Bukti di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jembrana.
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com – Setelah perkara yang disidangkan di Pengdilan Negeri (PN) Negara memiliki kekuatan hukum tetap (Inkrah), Kamis (22/8) Barang Bukti (BB) Tindak Pidana Umum itu dimusnahkan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Jembrana.

BB yang dimusnahkan itu yakni dari 39 perkara tahun 2018 dan 2019 seperti Narkoba jenis Sabu 217,06 gram, Ganja 12.630 gram, Extacy 5 butir seberat 1,47 gram, Pil Logo Y sebanyak 4094 butir, obat obatan berbagai merk 395 kapsul dan130 kaplet serta barang bukti lainnya seperti, handphone dua senpi laras panjang dan satu pistol, sajam, dan lainnya. Pemusnahan dilakukan dengan dibakar, dipotong dengan gerinda, dihancurkan dengan kunci inggris.

Pemusnahan BB yang nilianya miliaran rupiah itu juga dihadiri Bupati Jembrana I Putu Artha, Dandim 1617/Jembrana Letkol (kav) Djefry M. Hanok, Wakapolres Jembrana Kompol Supriyadi Rahman, Panitera PN Negara R. Tri Indiar Putranta, BNK dan pihak Kejaksaan Negeri Jembrana.

Kajari Jembrana, Nur Elina Sari, mengatakan BB 39 perkara itu dimusnahkan setelah kasusnya berkekuatan hukum tetap. Yang terbanyak adalah barang bukti kasus narkoba di antaranya ganja kering, shabu sabu, ekstasi dan pil koplo.

“Terbanyak ganja kering sebanyak 12.630 gram yang diamankan di Gilimanuk,” ujarnya. Sedangkan sabu-sabu 217,06 gram, Ektasi 5 butir seberat 1,47 gram dan Pil Logo Y sebanyak 4094 butir serta obat obatan berbagai merk 395 kapsul dan130 kaplet. “Pewmusnahan ini wajib wajib kita lakukan,” tegasnya.

Untuk kasus Narkoba, kata Nur Elina Sari memang masih tinggi di Jembrana. Karena wilayah Jembrana merupakan wilayah perlintasan dan pintu gerbang Bali dari Jawa dan sebagian besar narkoba yang diamankan adalah selundupan dari Pulau Jawa.

“Kami mengajak seluruh elemen untuk dapat bekerja sama dalam upaya pemberantasan peredaran gelap narkoba karena hanya dengan semangat persatuanlah kita bisa menyelamatkan generasi kita dari belenggu kejahatan narkoba,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Jembrana I Putu Artha menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada semua pihak yang terus gencar melakukan pemberantasan peredaran obat–obatan, kosmetika illegal, serta narkotika yang bisa mengancam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara serta berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan lainnya baik kesehatan, sosial, ekonomi, politik, budaya maupun keamanan.

“Pemusnahan barang bukti hari ini merupakan komitmen bersama Pemkab, TNI, Polri, BNK serta elemen masyarakat dalam upaya menjadikan Jembrana terbebas dari peredaran obat – obatan illegal, kosmetika illegal dan narkoba. Tugas kita adalah menghentikan semua kejahatan ini, sehingga masa depan masyarakat kita menjadi selamat dan terbebas dari peredaran obat – obatan illegal, kosmetika illegal, dan narkoba,”ungkapnya.(nm/bpn/tim)