Kasus Pembuangan Bayi di Tista, Polisi Segera Panggil Terduga Ayah Biologisnya

Pihak kepolisian saat melakukan evakuasi pembuangan bayi di Banjar Dinas Munduk Tengah, Desa Tista, Kecamatan Busungbiu
Pihak kepolisian saat melakukan evakuasi pembuangan bayi di Banjar Dinas Munduk Tengah, Desa Tista, Kecamatan Busungbiu

BULELENG, balipuspanews.com – Masih ingat soal pembuangan bayi berjenis kelamin laki-laki yang sempat menggegerkan warga di Banjar Dinas Munduk Tengah, Desa Tista, Kecamatan Busungbiu, pada Kamis (3/6/2021).

Usai berhasil mengamankan ibu kandung bayi tersebut, kini polisi berencana memanggil mantan kekasih tersangka yang diduga merupakan ayah biologis sang bayi.

Hal itu dilakukan pasca pihak kepolisian berhasil melakukan pendekatan terhadap pembuang bayi yang tidak lain yaitu ibu kandungnya sendiri berinisial Ni Putu RS,22, sehingga mendapat keterangan yang mengarah kepada salah satu mantan kekasihnya yakni berinisial Kadek AA,23, yang rumahnya masih tidak jauh dari lokasi kejadian pembuangan bayi.

“Sudah ada beberapa saksi diperiksa termasuk tersangka yakni ibu bayi berdasarkan keterangan sang ibu bahwa bayi tersebut hasil dari persetubuhan bersama mantan pacarnya yang akan dipanggil segera,” Kasubag Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya saat dikonfirmasi Selasa (15/6/2021) pagi.

Baca Juga :  Semarakan HUT RI ke-77, Sekda Adi Arnawa Lepas Singasari Fun Bike 2022

Berbekal keterangan tersebut serta melihat kondisi psikis sang ibu bayi yang sudah mulai membaik pasca trauma dari rilis awal yang dilakukan Polres Buleleng. Tidak menutup kemungkinan pihak kepolisian akan mendapatkan keterangan lebih jelas lagi terkait hal ini.

Akan tetapi pihak kepolisian tidak mau gegabah untuk menangkap terduga sebab kedepan masih akan menunggu langkah-langkah medis dari penyidik PPA termasuk kemungkinan melakukan Tes DNA untuk mengetahui siapa ayah biologis dari bayi tersebut.

“Masih menunggu langkah-langkah medis dari penyidik, sementara untuk penyebab tangannya putus kita masih menunggu hasil visum,” imbuhnya.

Sementara itu terkait kondisi jenazah sang bayi hingga kini telah dikembalikan kepada pihak keluarga yakni paman dari ibu bayi tersebut pada hari Minggu (13/6/2021) kemarin usai dilakukan visum serta pemeriksaan dari pihak forensik RSUD Buleleng. Selanjutnya pihak kepolisian menyerahkan kepada pihak keluarga terkait prosesi pemakamannya.

Baca Juga :  Bangun Negeri dengan Transparan, Ukur.com Menjadi Jawaban

“Hasil otopsi terhadap jenazah bayi dalam waktu dekat akan diserahkan oleh pihak rumah sakit ke penyidik PPA dan jenazah hari Minggu sudah diserahkan kepada keluarga tersangka yakni pamannya,” tandasnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan