Kasus Terkonfirmasi Buleleng Hari Ini Nihil, Zona Hijau Diharapkan Bisa Dicapai Bulan Desember

BULELENG, balipuspanews.com – Setelah angka kesembuhan pasien terkonfirmasi di Buleleng yang mengalami kesembuhan semakin meningkat, akhirnya kini Kabupaten Buleleng kembali menjadi daerah yang masuk zona kuning risiko penyebaran Covid-19. Zona kuning berarti daerah yang berisiko ringan.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Gede Suyasa menyampaikan berdasarkan surat yang diterima dari BNPB dan BPBD Provinsi Bali, saat ini Kabupaten Buleleng telah kembali masuk menjadi zona kuning penyebaran covid-19. Dengan demikian hal tersebut merupakan kabar yang baik untuk masyarakat.

Sehingga dengan itu pula usaha yang dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan selama ini telah membuahkan hasil, akan tetapi tetap saja seluruh masyarakat Buleleng tidak boleh lengah serta harus tetap waspada akan adanya covid-19.

“Pandemi ini belum benar-benar berakhir. Jadi, kita semua harus tetap disiplin dan waspada,” jelasnya beberapa hari sebelumnya.

Mengingat saat ini masih zona kuning kedepan masyarakat masih harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan penerapan 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Sedangkan, pemerintah terus menjalankan 3T yaitu tracing, test, treatment. Dengan masifnya 3T tersebut, akan bisa mengetahui sumber dari covid-19 dan memutus penyebarannya.

“Mudah-mudahan ini hasilnya akan lebih baik lagi. Sesuai harapan pak gubernur bisa masuk zona hijau di bulan Desember 2020. Mudah-mudahan kita bisa,” paparnya.

Dengn demikian nantinya agar lebih baik lagi tentu ada banyak kriteria yang dibutuhkan untuk menuju zona hijau. Jika zona hijau tidak ada kasus yang muncul lagi. Sebelumnya ada beberapa kasus yang muncul di Buleleng. Namun, tidak sampai sepuluh. Hanya berkisar satu sampai empat.

“Kembali lagi kepada kedisiplinan semua pihak. Masyarakat dan pemerintah,” imbuhnya.

Sementara itu, perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng membawa kabar gembira, dimana pada (20/11/2020) enam orang pasien terkonfirmasi telah dinyatakan sembuh dan terkonfirmasi baru nihil. Enam orang yang sembuh itu dari Kecamatan Buleleng sebanyak 3 orang, Kecamatan Seririt 2 orang dan Kecamatan Busungbiu 1 orang. Selain pasien sembuh, penanganan Covid-19 hari ini terkonfirmasi baru tidak ada atau nihil, akan tetapi masih ada penambahan kasus meninggal sebanyak 1 orang yakni dari Kecamatan Busungbiu.

Terkait data lainnya, secara kumulatif jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 1.104 orang dengan rincian, sembuh sebanyak 1.029 orang, kasus meninggal sebanyak 56 orang, sedang dirawat di Buleleng sebanyak 8 orang dan dirawat di luar Buleleng sebanyak 11 orang. Data lain, kasus suspek kumulatif sebanyak 1.367 orang, dengan rincian suspek konfirmasi sebanyak 558 orang, discarded sebanyak 744 orang, suspek masih dipantau sebanyak 10 orang, probable sebanyak 55 orang.

Sementara itu, perkembangan kasus kontak erat di Buleleng mengalami peningkatan menjadi 7.265 orang, dengan rincian kontak erat konfirmasi 326 orang, discarded 6.564 orang, karantina mandiri sebanyak 103 orang, dan kontak erat menjadi suspek sebanyak 272 orang. Lebih lanjut, dijelaskan kasus konfirmasi non suspek/kontak erat bertambah menjadi 220 orang.

Penulis : Tim Liputan Covid

Editor : Oka Suryawan