Selasa, Juli 16, 2024
BerandaGianyarKawal Sengketa Tanah, Ratusan Warga Desa Adat Guwang "Gerudug" PN Gianyar

Kawal Sengketa Tanah, Ratusan Warga Desa Adat Guwang “Gerudug” PN Gianyar

GIANYAR, balipuspanews.com – Untuk Kesekian kalinya, ratusan warga Desa Adat Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar, mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Gianyar, Senin (27/9/2021). Kedatangan ratusan warga kali ini untuk mengawal sidang perkara sengketa tanah dimana kali ini merupakan agenda pembacaan hasil mediasi dan pembacaan gugatan.

Bendesa Adat Guwang, Wayan Karben Wardana, mengatakan, kali ini pihaknya mengikuti sidang dengan agenda pembacaan hasil mediasi dan gugatan, dimana sebelumnya mediasi antara pihak penggugat dengan tergugat belum membuahkan hasil.

“Kita tetap puputan, berjuang sampai titik darah penghabisan kita tidak akan memberikan kompensasi (terhadap penggugat) sepeserpun. Tidak ada kompensasi sepeserpun, itu permintaan mereka kompensasi tapi kami tidak akan berikan karena itu hak kami, itu duwen sesuunan kami, itu pemanfaatan untuk masyarakat kami di Guwang,” ujarnya.

Sedangkan Humas Pengadilan Negeri Gianyar, Ida Bagus Made Ari Suamba, mengatakan bahwa Sidang dalam perkara NO. 63/PDT.G/2021/PN.Gin, hari ini dilaksanakan dengan agenda pembacaan hasil mediasi dan pembacaan gugatan, sebagaimana diketahui sebelumnya mediasi antara pihak Penggugat dan Tergugat belum berhasil.

BACA :  Wawali Arya Wibawa Dorong APIP Percepatan Pembangunan yang Efektif dan Efisien

“Untuk itu agenda sidang dilanjutkan dengan Pembacaan Gugatan, selanjutnya pada hari Senin tgl 11 Oktober 2021 agenda sidang dilanjutkan dengan jawaban dari Para Tergugat, dimana pada tahap jawab menjawab persidangnan akan dilaksanakan secara online dengan sistem e-courd, sebagaimana sidang-sidang perdata lainnya. Sidang hari ini dihadiri oleh masyarakat Guwang, masyarakat datang dengan tertib dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Sedangkan petugas kepolisian dari Polres Gianyar menerjunkan personel ke Pengadilan Negeri Gianyar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Kami sudah menerjunkan personel dari dalmas serta personel lainnya untuk mengamankan kedatangan ratusan warga Desa Adat Guwang ke Pengadilan Negeri Gianyar,” ujar Kabag Ops Polres Gianyar, Kompol I Wayan Latra di lokasi.

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular