Gunung Agung terbakar
Gunung Agung terbakar
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Hingga sore ini, Kamis (29/08/2019) api yang melahap hutan lereng sisi sebelah timur Gunung Agung masih terpantau cukup besar.

Kondisi cuaca panas dan angin kencang membuat kobaran api semakin membesar. Tidak hanya itu, api juga terlihat mengarah ke arah timur dan arah selatan menuju wilayah hutan Belong dan hutan Dusun Pucang, Desa Ban, Kubu, Karangasem.

“Hasil kordinasi, sore ini terpantau ada sekitar 5 sampai 7 titik api yang menyebar,” kata Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa dikonfirmasi mengenai perkembangan kebakaran hutan yang terjadi.

Dari pemantauan sementara Satgas Polhut Mibile Dishut Prov. Bali, Satgas Polhut Uptd. Kph. Bali Timur, Krph. Daya, Dandim Karangasem, Koramil kubu, BPBD Karangasem bersama masyarakat, luas sementara hutan yang terbakar sekutar 3,5 Hektar.

Vegetasi yang terbakar didominasi tegakan cemara, medan yang cukup jauh dan terjal membuat tim belum bisa berbuat banyak, sementara hanya dilakukan pemantauan didua titik yaitu di Dusun Pucang dan di Pura Pelugon wilayah Dusun Belong.

Sementara itu, esok hari yaitu pada Jumat (30/08/2019) Kodim 1623/Karangasem bersama BPBD rencananya akan membuat sekat bakar diwilayah hutan sekitar Pura Madia (Dukuh Bujangga) Dusun Pucang untuk mengantisipasi Kebakaran Hutan meluas ke Pura tersebut.

“Rencana tim besok berangkat jam 07. 00 wita naik kehutan untuk membuat sekat bakar,” tambah Arimbawa. (suar/bpn/tim)