Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan melakukan pengecekan ke Kebun Raya Jagatnatha bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, I Wayan Sudiarta
Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan melakukan pengecekan ke Kebun Raya Jagatnatha bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, I Wayan Sudiarta
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com- Warga Jembrana tidak lama lagi bisa memanfaatkan Kebun Raya Jagatntha untuk berekreasi atau kegiatan lainya. Menyusul Kebun Raya yang dibangun dengan anggaran Rp.30 miliar dari APBN itu akan segera dilaunching.

Untuk mengetahaui persiapan lounching yang akan dilaksanakan Kamis (5/12) itu Selasa (3/12) Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan melakukan pengecekan ke Kebun Raya Jagatnatha bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, I Wayan Sudiarta.

Wabup Kembang yang ingin memastikan kesiapan acara launching Kebun Raya Jagatnatha itu mengelilingi sejumlah titik. Setelah berkeliling, Kembang memastikan hampir 100 persiapan sudah terlaksana.

“Ini pengecekan final. Selaku Ketua Panitia Launching Kebun Raya, bahwa pelaksanaan launching berjalan baik,” ucapnya.

Persiapan – persiapan standar menurut Kembang sudah berjalan sangat baik dan diharapkan launching berjalan baik dan sukses.

Pada kunjungannya Kembang juga menemukan beberapa hal yang perlu di koreksi, namun menurutnya tidak terlalu prinsip.

“Tadi ada penempatan barang dari segi estetika, sirkulasi kedatangan tamu. Bukan hal yang prinsip namun harus kita perhatikan agar acara berjalan baik,” ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, I Wayan Sudiarta menyempaikan akan melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut apa yang menjadi koreksi Wabup Kembang. Kebun Raya Jagatnatha berlokasi di sebelah timur pusat pemerintahan Jembrana itu sebagai kebun raya daerah, memiliki fungsi utama sebagai konservasi, penelitian, pendidikan, rekreasi dan, ekonomi. Selain koleksi tanaman, dilengkapi, kantor pengelola, restoran dan parkir, satu kawasan dengan keagungan Pura Jagatnatha – Jembrana. Sampai saat ini total koleksi terdapat 48 suku tanaman, 103 genus, 124 spesies serta 428 spesimen tanaman.

“ Keedepan untuk menambah jumlah koleksi di Kebun Raya akan dilakukan eksplorasi untuk mencari jenis tanaman yang sesuai dengan tema,” ujarnya.(nm/bpn/tim)