Kontingen Kecamatan Denpasar Selatan keluar sebagai juara umum Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Kota Denpasar Tahun 2019. Penyerahan hadiah kepada yang terbaik diserahkan langsung Kadisbud Kota Denpasar, I.GN Bagus Mataram bersama Ketua Widyasabha Kota Denpasar, I Made Suarta Wijaya di Wantilan Pura Desa Lan Puseh Desa Adat Peguyangan, Minggu (3/11) kemarin.
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, Balipuspanews.com -Kontingen Kecamatan Denpasar Selatan keluar sebagai juara umum dalam Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Kota Denpasar Tahun 2019. Dimana, pada gelaran kali ini Kontingen Kecamatan Denpasar Selatan berhasil mengungguli tiga kontingen lainya dengan perolehan 9 emas, 3 perak dan 6 perunggu. Penyerahan hadiah kepada para pemenang masing-masing kategori dan juara umum diserahkan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar I.GN  Bagus Mataram bersama Ketua Widyasabha Kota Denpasar,  I Made Suarta Wijaya saat penutupan acara yang dilaksanakan di Wantilan Pura Desa Lan Puseh Desa Adat Peguyangan, Minggu (3/11) Kemarin.

Ketua Widyasabha Kota Denpasar yang juga Ketua Panitia Acara, I Made Suarta Wijaya mengatakan bahwa Utsawa Dharma Gita Tingkat Kota Denpasar Tahun 2019 yang melombakan 19 kategori lomba yang dilaksanakan selama 2 hari ini telah terlaksana dengan baik. Adapun kegiatan ini diikuti oleh  peserta yang merupakan kontingen masing-masing kecamatan di Kota Denpasar.

Dimana, dari hasil tersebut perolehan medali tertinggi diraih Kecamatan Denpasar Selatan dengan  9 emas, 3 perak dan 6 perunggu. Selanjutnya di peringkat kedua Kecamatan Denpasar Utara  yakni 5 emas, 5 perak, dan  1 perunggu. Di posisi ketiga diraih Kecamatan Denpasar Timur dengan perolehan  4 emas,  7 perak, dan  6 perunggu. Sedangkan di posisi keempat  diisi oleh Kecamatan Denpasar Barat dengan perolehan 1 emas, 4 perak dan 6 perunggu.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara UDG Tingkat Kota Denpasar tahun ini,” paparnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar I.GN  Bagus Mataram saat ditemui mengatakan , ajang Utsawa Dharma Gita (UDG) merupakan salah satu langkah strategis pemerintah Kota Denpasar dalam upaya memperkuat khasanah kebudayan bernafaskan Agama Hindu di Kota Denpasar. Dimana, upaya pelestarian dan pengembangannya salah satunya diwujudkan melalui penyelenggaraan Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Kota Denpasar Tahun 2019 ini.

“Kegiatan ini juga sebagai implementasi Visi dan Misi Kota Denpasar Sebagai Kota Kreatif Berwawasan budaya yang bermuara pada pelestarian seni, budaya dan kearifan lokal di Kota Denpasar,” tegasnya.

Lebih lanjut Bagus Mataram menuturkan, dari pelaksanaan Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Kota Denpasar Tahun 2019 diharapkan generasi muda tidak hanya mahir membaca dan menyanyikan kidung-kidung sastra dengan teknik metembang, mecepat, palawakya dan sebagainya, namun diarahkan agar mereka mampu memaknai filosofi yang terkandung dalam sastra tersebut.

“Diharapkan UDG ini menjadi wahana pelestarian dan pengembangan seni budaya dan tradisi Bali, sehingga kedepanya menjadi penting dalam mengarahkan mental dan perilaku generasi muda kearah yang positif,” terangnya, (rls/bpn).