Selasa, April 16, 2024
BerandaBangliKecamatan Kintamani, Bangli Gelar " Kintamani Award" Untuk Percepat Kemajuan Desa

Kecamatan Kintamani, Bangli Gelar ” Kintamani Award” Untuk Percepat Kemajuan Desa

Bangli, balipuspanews.com- Kecamatan Kintamani, Bangli punya kiat khusus untuk memajukan wilayahnya. Salah satunya adalah dengan menggelar Kintamani Award untuk memberikan apresiasi kepada warga yang menunjukan prestasi dalam membangun desa. Pelaksanaan Kintamani Award berlangsung di wantilan Serba Guna desa Sekardadi, Kintamani, Rabu ( 19/12/2018).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bangli I Made Gianyar,  Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,  Sekda Bangli  Ida Bagus Gde Giri Putra serta pihak terkait.

Camat Kintamani I Wayan Dirga Yusa dalam laporannya menyampaikan, ide penyelenggaraan Kintamani Awards terinspirasi dari kegiatan yang sering ia lakukan dengan turun ke desa-desa di Kecamatan Kintamani. Dari hasil kunjungan tersebut, ia memandang, masih banyak kader-kader di desa, baik kader posyandu, Bina Keluarga Balita (BKB), Posyandu Balita, Posyandu Lansia dan lainnya masih kurang representatif.

Atas dasar itu, ia mengaku tergugah yuntuk memacu kader-kader di desa dengan mengoptimalkan Tim Penggerak (TP) PKK desa, perangkat pemerintahan desa dan lembaga – lembaga yang ada di desa, melalui pembinaan langsung oleh TP PKK Kecamatan ke desa-desa, untuk mewujudkan Kintamani yang Kuat, Bersih dan Berprestasi.

BACA :  Pemprov Bali Bantu Tiga Krama Bangli Rumah Layak Huni

Sejalan dengan hal tersebut sambung Dirga Yusa, maka dikeluarkanlah SK Camat Kintamani Nomor 71 Tahun 2016 tentang Kintamani Awards melalui kegiatan evaluasi 10 pokok program PKK (Balita sehat, ibu hamil sehat, kader bina keluarga balita terbaik, kader bina keluarga remaja terbaik, posyandu terbaik, peserta posyandu lansia terbaik dan TP PKK terbaik).

Dengan dirasa sangat efektifnya grafik keberhasilan TP PKK desa  dalam melaksanakan 10 pokok program PKK, maka dikeluarkan lagi SK Camat Kintamani Nomor 17 Tahun 2017 tentang Kintamani Award dengan penambahan beberapa kriteria, yakni Ketua TP PKK desa terbaik dan penyelenggara pemerintahan desa terbaik atau perbekel terbaik.

“ Hari ini (Kintamani Awards 2018) kita menyerahkan penghargaan kepada para kader desa terbaik, Ketua TP PKK desa terbaik dan Perbekel terbaik. Tahun ini Perbekel Desa Terbaik disabet oleh Sang Nyoman Putra Erawan, Perbekel Desa Awan,”Jelasnya.

Sementara itu Bupati Bangli I Made Gianyar mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan menyambut positif penyelenggaraan Kintamani Awards. Apalagi Kintamani Awards sudah memberikan bukti nyata bagi kemajuan desa-desa di Kintamani. Sebagai bentuk apresisasi, Bupati Made Gianyar menjanjikan akan mengajak para pemenang Kintamani Awards berkunjung ke luar daerah untuk melaksanakan study tiru ke daerah yang lebih maju.

BACA :  Pemprov Bali Bantu Tiga Krama Bangli Rumah Layak Huni

“ Sebagai bentuk apresiasi, pada tahun 2019 mendatang, saya akan ajak pemenang Kintamani Awards 2018 melaksanakan study tiru ke luar daerah yang punya desa maju,” kata Bupati Made Gianyar.

Pada kesempatan itu, Bupati Made Gianyar juga menyampaikan ucapan terima kasih,  karena memasuki tahun ke depalan pemerintahannya, masyarakat Bangli memberikan dukungan yang sangat luar biasa bagi kemajuan Kabupaten Bangli.

“ Terima kasih saya ucapkan kepada masyarakat Bangli. Memasuki delapan tahun pemerintahan, masyarakat Bangli memberikan dukungan yang sangat luar biasa. Sisa dua tahun jabatan, saya akan bekerja lebih keras untuk kemajuan Bangli,”pungkasnya.

Selain acara Kintamani Award,  acara dirangkai dengan pengukuhan Forum Komunikasi (Forkom) Bendesa Adat, Kelihan banjar Dinas, BPD dan LPM se-Kecamatan Kintamani.  Acara ini juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Kintamani, Perbekel, Bendesa Adat, Kelihan Dinas, LPM dan BPD se-Kecamatan Kintamani. ( rls/bas)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular