Jalur Cekung Monteng banyak menelan korban.
Jalur Cekung Monteng banyak menelan korban.
sewa motor matic murah dibali

BANDUNG, balipuspanews.com- Sejak dioprasikannya jalan lintas Monteng pertengahan tahun 2016, sudah banyak menelan korban kecelakaan yang mengakibatkan jiwa melayang. Seringnya kecelakaan di jalur Cukang Monteng, disebabkan oleh beberapa faktor.

Diantaranya, kelalaian bagi pengendara, tidak mematuhi petunjuk atau arahan baik dari Kepolisian Sektor Ibun Polres Bandung dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung serta intansi terkait. Faktor lain yaitu soal teknis akibat pembangunan jalan betonisai, sehingga ruas jalan licin mengakibatkan cepat panas rem kendaraan ketika melaju pada jalan menurun.

Korban kecelakaan pada Sabtu (29/6/2019) pengendara sepeda motor Honda Vario metic berboncengan tiga orang dari arah Garut menuju Bandung sekitar pukul 15.00 Wib terjadi kecelakaan tepatnya di Jembatan Monteng. Kecelakaan tunggal tersebut diduga akibat rem blong.

Menurut data dari Tim Gerakan Caraka Penolong Kecelakaan Puskesmas Kecamata Ibun, masing – masing korban kecelakaan diantaranya Intan (17) warga Kampung Sindangsari Desa Sukamulya Kecamatan Sukaresmi, Fandi (17) warga Coboreal dan Sri Mulyani (18) warga Cisaung Kecamatan Sukaresmi. Ketiga korban mengalami luka serius, dan harus dilakukan perawatan intenaif.

Tim Gerakan Caraka Penolong Kecelakaan Puskesmas Ibun Kabupaten Bandung, melakukan upaya penolongan pertama terhadap korban. Namun karena kecelakaan sangat serius, ketiga korban dirujuk dilarikan ke Rumah Sakit Umum Ebah Majalaya.” lukanya sangat serius maka tim kami merujuk ke Rumaha Sakit Ebah” ungkap Ibu Peni ketua (Gera Peka).

Keterangan yang dihimpun Balipuspanews.com dilapangan menyebutkan, korban tidak mampu mengiambagi lajunya sepeda motor yang digunakan. Tapat pada jembatan Cukang Monteng, membentur pada pembatas jembatan. Warga disekitar jembatan Cukang Monteng melakukan pertelongan sebelum dibawa oleh anggota Kepolisian Polsek Ibun Polers Bandung ke Puskesmas Ibun.

Kapolsek Ibun Polres Bandung Iptu Carsona., SH Minggu (30/6/2019) kepada Balipuspanews.com membenarkan adanya kecelakaan di jembatan Cukang Monteng. Kecelakaan tunggal itu akibat rem blong kemudian membentur jembatan. Korban sebelumnya dilarikan ke Puskesmas Ibun, akan tetapi karena lukanya sangat serius maka dirujuk ke Rumah Sakit Ebah Majalaya.

“saya menghimbau agar semua pengguna jalan lintas Ibun baik daru Garut atau dari Bandung diharapkan berhati – hati dan ikuti petunjuk yang sudah kami buat bersama Dinas Perhubungan, rambu – rambu dan marka jalan seyogyanya harus dipatuhi demi keselamatan” kata Carsono.

Pihak kepolisian Polsek Ibun Polres Bandung dan Dinas Perhubungan serta Tim Gera Paka dan Satpol PP bahu membahu dalam upaya mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Namun, banyak pengendara sepeda motor maupun mobil tidak mengindahkan aturan tersebut. (yad/bpn/tim).