Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaNasionalJakartaKehadiran 4 Menteri dalam Sidang PHPU Pilpres di MK atas Arahan Presiden...

Kehadiran 4 Menteri dalam Sidang PHPU Pilpres di MK atas Arahan Presiden Jokowi

JAKARTA, balipuspanews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut memberikan arahan kepada empat menterinya yang menghadiri sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat menjawab pertanyaan dari hakim anggota MK, Arief Hidayat dalam sidang yang digelar di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (5/4)/2024).

Empat menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) hadir memenuhi panggilan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa PHPU Pilpres 2024 berkaitan dengan pemberian bantuan sosial (bansos) Presiden Jokowi menjelang pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 lalu.

Keempat menteri tersebut yaitu Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Sosial Tri Rismaharini

Arief awalnya bertanya ihwal kehadiran empat menteri pada sidang PHPU Pilpres ini, apakah sudah atas sepengetahuan Presiden Jokowi. Dia meminta agar dijawab secara terbuka di sidang hari ini.

“Pertama, kami hadir di sini karena undangan dari Yang Mulia, dari Mahkamah Konstitusi. Dan terhadap undangan tersebut Bapak Presiden mengetahui. Sepengetahuan bapak presiden,” jawab Airlangga.

BACA :  Capai 71 Persen, Revitalisasi Pasar Umum Negara Target Rampung Sesuai Jadwal 

Arief pun menanyakan satu persatu kepada masing-masing menteri. Apakah kehadirannya ini sepengetahuan Presiden.

Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sosial Tri Rismaharini pun menyampaikan hal yang sama dengan Airlangga.

Hakim Arief pun kembali mencecar perihal apakah substansi yang disampaikan para Menteri di persidangan sudah sepengetahuan Presiden.

“Arahan bapak presiden untuk menyampaikan semua sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing kementerian seluas-luasnya,” ucap Airlangga.

Penulis : Hardianto
Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular