Minggu, Mei 19, 2024
BerandaKarangasemKeinginan Warga Karangasem Bekerja Keluar Negeri Cukup Tinggi

Keinginan Warga Karangasem Bekerja Keluar Negeri Cukup Tinggi

KARANGASEM, balipuspanews.com – Keinginan mengembangkan diri dan memperoleh pekerjaan dengan penghasilan yang lebih, membuat minat warga Karangasem untuk bekerja ke luar negeri cukup tinggi.

Seperti diutarakan oleh Kadek Yana, pemuda 25 tahun asal Karangasem yang kini masih bekerja di wilayah Denpasar ini mengaku sedang dalam proses melengkapi sejumlah dokumen administrasi untuk nantinya bisa bekerja ke luar negeri.

“Sekarang masih dalam proses, tujuan bekerja keluar negeri karena ingin mengembangkan diri dan bisa menghasilkan penghasilan yang lebih,” ujarnya.

Tingginya minat warga Karangasem utamanya anak muda yang baru menyelesaikan pendidikannya juga diakui oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karangasem, I Wayan Kanginan Subandi saat dikonfirmasi, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, sepanjang tahun 2022 ini jumlah PMI asal Karangasem yang telah berangkat bekerja ke luar negeri terdata sebanyak 278 orang sesuai dengan informasi dari pihak UPT BP2MI Wilayah Bali.

“Setiap ada keberangkatan, data perkembangannya akan ditembuskan ke Disnaker, Kami Disnaker Karangasem tetap menghimbau kepada masyarakat yang berkeinginan untuk bekerja keluar negeri agar menempuh mekanisme sesuai dengan prosedural” kata Subandi.

BACA :  Lantik Forum TJSL Provinsi Bali, 'Ngrombo' Entaskan Kemiskinan

Sebelumnya Disnaker Kabupaten Karangasem sendiri sempat memiliki program untuk magang ke luar negeri, hanya saja entah apa kendalanya program tersebut terhenti sekitar tahun 2016 silam.

“Sementara belum ada, namun sesuai arahan pimpinan program magang sedang akan di kaji lagi, mudah-mudahan tahun yang akan datang bisa berjalan lagi,” harap Subandi.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular