Kekeringan ekstrim terjadi di Desa Bantarhuni Kecamatan Gantar
Kekeringan ekstrim terjadi di Desa Bantarhuni Kecamatan Gantar
sewa motor matic murah dibali

MAJALENGKA. balipuspanews.com – Kurang lebih selama dua bulan, Kabupaten Indramayu tidak turun hujan. Dibeberapa wilayah di Kabupaten Indramayu terjadi kekeringan. Dimungkinkan akan terjadi kekeringan ekstrim, melanda seluruh wilayah Kabupaten Indramayu.

Badan Meteorologi Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Memprediksi wilayah Kabupaten Indramayu terancam kekeringan ekstrim, ini disebabkan karena selama 2 bulan kedepan tidak turun hujan. Salah satu desa diwilayah Kabupaten Indramayu yakni Desa Bantarhuni sudah dilanda kekeringan.

Menurut perakiraan cuaca wilayah yang berpotensi kekeringan ekstrim terjadi di Desa Bantarhuni Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu.

Daerah ini, setiap hari tanpa hujan selama kurang lebih 60 hari kedepan. Dan itu diperkirakan akan mengalami kekeringan ekstrim.

Kepala BMKG Stasiun Jatiwangi Kabupaten Majalengka Jawa Barat Ahmad Faa Iziyn Sabtu (29/6/2019) menghimbau kepada warga dan pemerintah Kabupaten Indramayu bisa meminimalkan kekurangan pasokan air bersih selama tidak adanya turun hujan di wilayah Indramayu.

“diperkirakan wilayah Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu, selama 60 hari kedepan tidak ada turun hujan secara berhari – hari. Dan itu artinya baik warga masyarkat maupun pemerintah daearh harus mewaspadai” ujar Faa Iziyn.

Kekeringan ekstrim juga menurut Faa Iziyn, bukan saja wilahan Indramayu. Akan tetapi melanda wilayah Kabupaten Majelengka dan Kabupaten Cirebon. Diprediksi untuk wilayah Kabupaten Majalengka dan Cirebon tidak akan turun hujan sepanjang 35 sampai 60 hari kedepan.

Bagi pemerintah daerah masing – masing, seyogyanya mulai sekarang harus berupaya untuk meminimalisasi pasokan air bersih. Dengan kelangkaan hujan, berdampak luas dalam kebutuhan air. Terutama untuk keperluan kebutuhan keluarga baik kebutuhan konsumsi air minum dan lain sebagianya. (Yadi/Bpn/Tim).