Kelola Keuangan Negara, Dewan Klungkung Sinergi dengan BPK Provinsi Bali

Ketua DPRD Klungkung, A.A Gde Anom di BPK Provinsi Bali
Ketua DPRD Klungkung, A.A Gde Anom di BPK Provinsi Bali

DENPASAR, balipuspanews.com – DPRD Kabupaten Klungkung dibawah pimpinan Anak Agung Gde Anom menjalin sinergi dengan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Bali dalam pengelolaan keuangan.

“Ya saya menyambut baik undangan dan sinergi serta sinkronisasi DPRD Kabupaten Klungkung dengan BPK Provinsi Bali sehingga bisa memperkecil persoalan pengelolaan keuangan,” kata Ketua DPRD Klungkung, A.A Gde Anom usai Pertemuan Persiapan Pelaksanaan Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 di Ruang Rapat Arjuna Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali Jl. D.I Panjaitan No. 2 Renon, Denpasar, Rabu (21).

Pada yang dipimpin Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bali Sri Haryoso Suliyanto serta dihadiri pimpinan DPRD se – Bali itu, Haryoso menjelaskan pertemuan ini dilakukan sesuai dengan UU no 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan tentang tanggungjawab, keuangan negara, BPK dan melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara sesuai dengan ketentuan berlaku.

Sri mengatakan BPK bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.
BPK menyerahkan hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara kepada DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan kewenangannya.

Selanjutnya, kata Sri BPK menyerahkan hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara kepada DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan kewenangannya.

Laporan hasil pemeriksaan kinerja disampaikan kepada DPR/DPD/ DPRD sesuai dengan kewenangannya.

“Laporan hasil pemeriksaan dengan tujuan tertentu disampaikan kepada DPR/DPD/DPRD sesuai dengan kewenangannya,” ujarnya. (art/BPN/tim)