sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, balipuspanews.com-Denpasar sebagai kota besar mengalami berbagai permasalahan terutama untuk mempertahankan lahan pertanian dari alih fungsi lahan. Meski berbagai upaya telah dilakukan Pemkot Denpasar mulai dari membantu pembibitan dan mempermudah pera petani. Namun seiring tingginya serbuan urban menyebabkan alih fungsi lahan tidak terelakan. Meski demikian PKK Kota Denpasar terus berupaya mendukung mewujudklan  lahan kurang produktif menjadi prroduktif. Seperti yang telah dilaksanakan ibu-ibu PKK Dusun Permata Anyar, Desa Ubung Kaja melalui kelompok tani Dasa Wisma Agro Pertiwi.

Keberhasilan ibu-ibu PKK yang merubah lahan kurang produktif menjadi berguna mendapat apresiasi dari Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra yang langsung meninjau kelompok tani tersebut didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra, Jumat (18/1).

“Saya sangat mengapresiasi pemanfaatan lahan kurang produktif oleh ibu-ibu PKK. Hal ini dapat kita lihat berbagai tanaman sayur mayor telah ditanam dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh kelompok,” ujarnya. Rai Mantra berharap kelompok ini terus aktif untuk mengembangkan pertanian dengan memanfaatkan lahan kering. Sehingga nantinya dapat menjadi percontohan bagi ibu-ibu PKK lainnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar menambahkan agar kelompok tani seperti ini terus berkembang dan ada disetiap kecamatan. Sehingga bila ada lahan yang kurang produktif bisa dimanfaatkan. ‘Seperti kita lihat berbagai tanaman dan sayur telah ditaman kelompok tani ini,” ujarnya. Tentunya ini akan sangat membantu ibu-ibu untuk mendapatkan sayur mayur yang sehat dan lebih murah. Disamping juga akan dapat mewujudkan lingkungan menjadi hijau

Ketua Kelompok Dasa Wisma Agro Pertiwi Seri Rejeki menyampaikan awal mula lahan ini merupakan tempat pembuangan sampah. Dengan dukungan kepala lingkungan pihaknya mengkoordinir ibu-ibu untuk mengolah lahannya. Dan awalnya menurutnya dimulai dengan kerja keras dan hasilnya sekarang dapat dilihat bersama. Selain lingkungan menjadi hijau juga membantu ekonomi keluarga melalui menjual hasil dari kelompok. Menurutnya penjualan hasil pertanian ini tidak hanya dilakukan disekitar lingkungan banyak yang datang untuk membeli hasil pertanian ini. Kedepanya Ia berharap bisa mengembangkan menjadi salah satu agrowisata dimana para pengunjung dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar AA Bayu Brahmasta yang didampingi Sekretarisnya I Gusti Ayu Ngurah Raini menyampaikan kelompok tani semacacam ini sudah ada dibeberapa tempat di Kota Denpasar. Tentunya kelompok tani ini akan terus dikembangkan untuk membantu ekonomi keluarga dan mewujudkan lingkungan hijau. Karena melalui kelompok tani seperti ini dapat memanfaatkan lahan kurang produktif menjadi bernilai guna seperti yang yang dilakukan kelompok tani Dasa Wisma Agro Pertiwi, (rls/bpn/min).

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here