Pemberian hadiah tas kepada anak SD yang ikut jalan santai dan bhakti sosial di wantilan Pura Bukit Bitera Gianyar. Foto Humas Gianyar For Balipuspanews.com
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Gianyar, balipuspanews.com- Pengalaman kelurahan Bitera, Gianyar masuk zona Kejadian Luar Biasa ( KLB) demam berdarah ( DB) tahun 2015 membuat kelurahan yang berbatasan dengan Kota Gianyar itu berbenah. Salah satu kiat untuk membebaskan kelurahan Bitera dari serangan nyamuk aedes aegypti  itu adalah memberikan hadiah bagi rumah warga yang bebas jentik nyamuk.

Seperti terlihat Minggu ( 9/12/2018) dilakukan pengundian hadiah di wantilan Pura Bukit Bitera. Lurah Bitera Wayan Widana menyebutkan, pemberian hadiah kepada warga yang bebas jentik nyamuk telah berlangsung sejak 2016 lalu. Ini untuk mencegah KLB tahun 2015 dimana 200 warga Bitera yang tersebar di tujuh  banjar dinas terserang DB.

Berkaca dari kejadian tersebut, kelurahan Bitera kemudian membentuk kader juru pantau jentik (Jumantik). Hasilnya, kelurahan Bitera mulai tahun 2016 hingga tahun 2018 bebas dari jentik nyamuk.

“ Kita tak ingin kejadian serupa terjadi lagi. Lalu kita bentuk kader jumantik yang melakukan pemantauan ke rumah-rumah warga. Bonusnya, bagi warga yang rumahnya bebas jentik kita berikan kupon yang sekarang kita undi,” imbuh Widana.

Selain melangsungkan  undian untuk warga yang bebas jentik, Minggu ( 9/12/2018) kelurahan Bitera juga mengelar jalan santai dan  aksi sosial memunggut sampah sepanjang jalan yang dilalui peserta jalan santai.

Hadiah utama yang diberikan adalah TV LCD, kulkas, magic com, paying serta hadiah berupa tas bagi anak-anak sekolah dasar yang ikut hadir dalam acara tersebut. ( rls/bas)

Advertisement
Loading...