Kamis, April 18, 2024
BerandaJembranaKembali Rekor Baru Tambahan Pasien Covid-19

Kembali Rekor Baru Tambahan Pasien Covid-19

NEGARA, balipuspanews.com – Gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, hari ini minggu ( 30/8), mengumumkan adanya penambahan pasien terkonfirmasi. Melalui juru bicara GTPP Dr I Gusti Agung Putu Arisantha, terjadi lonjakan penambahan pasien dibandingkan biasanya.

“Tambahan hari ini 21 orang terkonfirmasi dari hasil swab positif. Hari ini cukup banyak, hasil dari tracing yang kita lakukan dari pasien terkonfirmasi sebelumnya,” papar Arisantha.

Ia merinci tambahan pasien itu, ada yang berasal dari klaster kantor. Salah satu yang terkonfimasi hari ini adalah Kepala OPD dilingkup pemkab Jembrana. Lainnya, dari dinas kesehatan 2 orang, Dinas PU, serta BPKAD 1 orang.

“Dari tambahan ini ada yang bagian dari klaster Kabid BPKAD serta penularan baru. Saat ini masih kita telusuri dan perluas tracingnya. Termasuk direncanakan pengambilan test swab lagi bagi yang pernah kontak dekat,” kata Arisantha.

Disamping itu untuk penambahan yang diekspose GTPP Covid-19 Jembrana hari ini ada juga yang berasal dari kalangan medis. Diantaranya dua orang bidan yang bertugas di puskesmas serta satu orang perawat di RSU Negara. Ketiganya memiliki riwayat pernah merawat pasien terkonfirmasi covid-19. Selain itu juga terkonfirmasi seorang dokter pensiunan PNS asal Dauhwaru.

BACA :  Sekda Adi Arnawa Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih di Pura Sang Hyang Landu Gelagah Puwun, Desa Kekeran

Tambahan pasien terkonfirmasi yang terbilang cukup banyak hari ini juga disumbang dari klaster ibu hamil asal Desa Warnasari Kecamatan Melaya.

“Ada tambahan lima positif sekaligus dari klaster ini. Mereka merupakan saudara yang jalin kontak dekat dan tinggal satu natah ( pekarangan),” sambungnya.

Dengan tambahan hari ini, secara kumulatif jumlah pasien terkonfirmasi di Jembrana menjadi 143 orang, pasien sembuh 80 orang, serta 2 kasus meninggal dunia.

Saat ini imbuh Arisantha, RSU Negara masih merawat 19 orang pasien terkonfirmasi positif. Sementara sisanya, sebanyak 25 orang menjalani isolasi di Hotel Jimbarwana serta dua orang dirawat di Denpasar.

Karena kapasitas hotel yang terbatas, sebanyak 17 pasien harus menjalani karantina mandiri dirumah.

“Kendati isolasi mandiri dirumah, kita tetap awasi kondisi mereka melalui surveilance desa maupun tenaga kesehatan di masing-masing puskesmas.kordinasi juga sudah dilakukan kepada aparat desa, beserta pihak Babinsa dan Bhabinkamtibmas dibawah agar isolasi mandiri berlangsung efektif,” terang Arisantha.

Arisantha memprediksi kedepan masih akan terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif. Karena itu, Ia mengajak agar masyarakat jangan pernah berhenti menerapkan protokol kesehatan.

BACA :  Warga Tukadmungga Keluhkan Dua Akses Jalan Menuju Pantai Tak Kunjung Diperbaiki

“Jangan pernah lelah meskipun situasi pandemi ini telah berlangsung lama. Ini penting untuk memutus penyebaran, sekaligus melindungi diri sendiri serta yang lainnya,” pungkasnya.

Penulis : Anom

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular