Jumat, Februari 23, 2024
BerandaLifestyleKesehatanKemen PPPA Ajak Semua Pihak Atasi Stunting

Kemen PPPA Ajak Semua Pihak Atasi Stunting

JAKARTA, balipuspanews.com – Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka stunting dan tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja.

Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Sipil, Informasi dan Partispasi Anak Kemen PPPA, Endah Sri Rejeki mengungkapkan upaya pemerintah perlu didukung oleh semua lapisan masyarakat termasuk dari anak-anak.

“Pemerintah melalui Kemen PPPA telah membangun wadah bagi anak-anak untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan, yaitu Forum Anak yang memiliki peran penting sebagai pelopor dan pelapor atau 2P,” kata Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Sipil, Informasi dan Partispasi Anak Kemen PPPA, Endah Sri Rejeki dalam Webinar Aksi Serentak Anak Indonesia (AKSARA) “Cegah Stunting Itu Penting”. (27/3).

Dikatakannya, dalam rangka berkontribusi mengatasi stunting di Indonesia, Forum Anak berperan sebagai pelopor dengan mengadakan aksi kampanye pencegahan terjadinya stunting.

“Anak merupakan intervensi strategis untuk mencegah terjadinya stunting dengan memberikan edukasi, pemahaman, dan memotivasi anak-anak sehingga memiliki pola asup gizi seimbang dan pola hidup sehat,” ujar Endah.

BACA :  Pemkab Bangli Gandeng BPD Gelar Pasar Tani Serangkaian Hari Raya Galungan dan Kuningan

Sementara itu, Kasubdit Penanggulangan, Masalah Gizi, Direktorat Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Inti Mudjiati menjelaskan saat ini pravelensi stunting masih cukup tinggi sehingga penanggulangan masalah stunting tidak bisa diselesaikan dari sektor kesehatan saja namun perlu penanganan multisektor.

Menurut Inti Mudjiati, keterlibatan anak dalam mencegah stunting melalui edukasi gizi menjadi salah satu solusi baik.

“Jangan sampai melakukan diet yang salah, kemudian bagaimana harus tetap mengkonsumsi buah dan sayur, dan melakukan asupan gizi seimbang, dan cerdas dalam memilih label pangan,” tutur Mudjiati yang menjadi salah satu narasumber dalam webinar.

Dalam rangka berkontribusi untuk menurunkan angka stunting, Forum Anak Nasional bersama Forum Anak Daerah di seluruh Indonesia menyelenggarakan kegiatan Aksi Serentak Anak Indonesia (AKSARA). Kegiatan Aksi Serentak Anak Indonesia (AKSARA) dengan tema “CSIP: Cegah Stunting Itu Penting Bersama Forum Anak Nasional” berlangsung mulai 27 Maret hingga 10 April 2021 yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu Webinar Aksi Serentak Anak Indonesia (AKSARA); Case-A-Thon (Studi Kasus Stunting di Indonesia), yaitu kegiatan studi kasus terkait dengan stunting; Challenge Video Kreatif terkait pencegahan stunting serta Kampanye Twibbon dan Poster Pencegahan Stunting yang merupakan puncak AKSARA.

BACA :  Pemkot Denpasar Raih Peringkat Pertama Pengukuran Nasional IKK Tahun 2023 Kategori Pemerintah Daerah

Melalui kegiatan aksi serentak untuk menekan angka stunting ini, diharapkan anak-anak bukan hanya akan mendapatkan ilmu baru yang akan meningkatkan kemampuan anak untuk berpikir kritis, tetapi juga dapat meningkatkan rasa empati anak terhadap permasalahan stunting yang terjadi di sekelilingnya.

Penulis/editor: Ivan Iskandaria

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular