Tim melakukan pengecekan terkait desa fiktif 'Desa Hantu' di Indonesia yang dilontarkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani
Tim melakukan pengecekan terkait desa fiktif 'Desa Hantu' di Indonesia yang dilontarkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani
sewa motor matic murah dibali

MALANG, balipuspanews.com – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menurunkan tim melakukan pengecekan terkait desa fiktif ‘Desa Hantu’ di Indonesia yang dilontarkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dimana ada desa fiktif yang tidak berpenghuni, namun mendapatkan anggaran pemerintah melalui dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

“Kami telah menurunkan tim ke Konawe, Sulawesi Tenggara untuk mengecek langsung soal desa fiktif ini,” kata Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kemenko PMK, Sonny Harry B Harmadi di Malang, Sabtu (9/11).

Lebih lanjut Sonny mengatakan saat ini, tim dari Kemenko PMK masih mengidentifikasi terkait temuan desa fiktif ini.

“Kami masih melakukan identifikasi persoalan ini akan tetapi mengalami kendala kondisi geografi desa. Kami juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan terkait temuan ini,” ungkapnya.

Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kemenko PMK, Sonny Harry B Harmadi memastikan desa yang diduga fiktif tersebut, tidak mencapai ratusan jumlahnya dan jika jumlahnya banyak pasti akan terdeteksi.

Sonny menambahkan dalam persoalan ini Pemda memiliki tanggung jawab terhadap pengusulan dana desa kepada pemerintah pusat termasuk juga DPRD setempat. (Ivan/BPN/Tim)